Sukses


Shopee Liga 1: Arema FC Meliburkan Aktivitas Tim, Pemain Kembali Berkumpul 10 November

Bola.com, Malang - Arema FC akhirnya mengikuti jejak sejumlah klub Liga 1 untuk mengistirahatkan tim dari aktivitas latihan. Perbedaannya, Arema FC sudah memberikan batas waktu libur yang ditentukan, di mana mereka akan berkumpul lagi pada 10 November mendatang.

Latihan di Lapangan Balearjosari, Kota Malang, Jumat (30/10/2020), menjadi sesi terakhir Arema FC sebelum libur aktivitas. Arema FC tidak ingin menghentikan latihan lebih lama karena memperkirakan kondisi fisik pemain akan turun drastis, dan persiapan sejak Agustus lalu menjadi sia-sia.

Keputusan meliburkan tim diambil setelah PSSI memutuskan kompetisi musim ini baru berlanjut pada Februari 2021. Kendalanya adalah izin dari kepolisian, di mana pandemi COVID-19 dan rencana diselenggarakannya Pilkada serentak pada Desember mendatang menjadi pertimbangan.

Sebenarnya, pelatih Arema FC, Carlos Oliveira, tidak ingin meliburkan sesi latihan. Namun, manajemen tim sudah memutuskan demikian. Pertimbangan kompetisi masih cukup lama menjadi alasan.

Tidak menutup kemungkinan Arema FC bisa memperpanjang libur latihan tersebut jika nantinya tidak ada subsidi dari PT Liga Indonesia Baru untuk membiayai operasional klub.

"Ke depan saya tidak bisa memprediksi apa pun. Sekarang kami libur sampai 10 November. Setelah itu akan dipanggil lagi dan melihat apa yang akan terjadi," jelas pelatih Arema FC, Carlos Oliveira.

Video

2 dari 2 halaman

Optimistis Pemain Menjaga Kondisi

Meski ada libur selama hampir dua pekan, ada pekerjaan rumah bagi pemain untuk menjaga kondisi fisiknya. Dia percaya, Hendro Siswanto dkk. bisa menjaga kondisi tubuhnya sebagai pesepak bola profesional.

"Mereka pemain profesional. Sangat memahami apa yang dibutuhkan tubuh mereka agar tetap fit dan bertahan dalam sepak bola. Sehingga harus tetap latihan mandiri dan ada waktu untuk berkumpul bersama keluarga," ujar Carlos.

Ketika nanti latihan kembali dimulai, Carlos Oliveira akan melihat kondisi pemainnya. Jika ada penurunan, ia akan memprogram ulang latihannya sehingga para pemain harus mengulang lagi dari awal.

Sebenarnya, Arema FC sudah sangat siap untuk menjalani kompetisi dalam waktu dekat. Mereka optimistis Shopee Liga 1 2020 bisa dilanjutkan sebelum tahun berakhir. Namun, prediksi itu meleset sehingga mereka harus melakukan sejumlah penyesuaian, termasuk memberikan libur selama dua pekan kepada para pemainnya.

Video Populer

Foto Populer