Sukses


Sentilan Pelatih Arema FC Terkait Ditundanya Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Hingga 2021

Bola.com, Malang - Lanjutan Shopee Liga 1 2020 kembali mengalami penundaan dan direncanakan baru berlanjut pada Februari 2021. Artinya, hampir satu tahun klub-klub kontestan, termasuk Arema FC, harus menunggu kembali berkompetisi setelah dihentikan pada Maret 2020.

Pelatih Arema FC, Carlos Oliveira, termasuk pihak yang menyayangkan keputusan kompetisi harus berlanjut pada tahun depan. Alasannya, Singo Edan sudah melakukan persiapan serius sejak Agustus lalu.

Pelatih asal Brasil ini seakan mulai kehilangan kepercayaan terkait lanjutan Shopee Liga 1 2020. Sebelumnya dia mendapatkan informasi jika kompetisi bergulir pada Oktober, dan kemudian mundur menjadi November. Kini keputusan menggulirkan kompetisi kembali berubah menjadi Februari 2021.

Belum ada izin dari pihak kepolisian menjadi kendala utama. Kepolisian Republik Indonesia tidak mengeluarkan izin pertandingan selama pandemi COVID-19 dan adanya rencana Pilkada serentak pada Desember mendatang.

"Mau bagaimana lagi, sekarang sudah terjadi seperti ini. Saya harus mengikuti arus." ujar Carlos Oliveira.

"Mungkin kami harus menunggu sampai 28 Februari untuk memastikan apakah liga benar-benar digelar atau tidak. Saya belum memprediksi apa pun mengenai kondisi ini, karena belum ada tanggal pasti kapan kompetisi digelar," tegas pelatih Arema FC itu.

2 dari 3 halaman

Menyetel Ulang Program Latihan

Komentar Carlos Oliveira itu tentu sekaligus menjadi sentilan untuk penyelenggara kompetisi sepak bola di Indonesia. Ini merupakan pengalaman baru bagi pelatih Arema FC itu.

Selama berkarier sebagai pelatih di Amerika Selatan dan Asia, baru sekarang ada ketidakpastian dalam sepak bola. Dia juga tidak bisa menyusun program yang jelas untuk persiapan, sehingga dia hanya melakukan pengulangan materi latihan saja.

"Saya akan lebih dulu bicara dengan manajer tim, seperti apa ke depannya. Setelah itu baru menjelaskan program. Kalau memang kompetisi baru digelar Februari, tentu harus melakukan program ulang latihan," tegas mantan pelatih klub Vietnam, Becamex Binh Duong itu.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer