Sukses


Rekam Jejak 3 Pemain Andalan Fakhri Husaini yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Tak ada sesuatu yang mengejutkan dalam daftar terbaru skuad Timnas Indonesia U-19 untuk pemusatan latihan virtual pada bulan ini, kecuali kembali masuknya Rendy Juliansyah, Fajar Fathur Rahman, dan Salman Alfarid ke dalam tim. Ketiganya tersisihkan ketika Garuda Muda, julukan tim ini, menggelar pemusatan latihan di Kroasia.

Rendy, Fajar, dan Salman merupakan personil tetap di Timnas Indonesia U-19 sebelum Shin Tae-yong mengambil alih tim ini dari Fakhri Husaini pada awal 2020.

Rendy, Fajar, dan Salman adalah tulang punggung Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Namun, posisi mereka terancam seiring kedatangan Shin Tae-yong.

Rendy terpilih dalam 59 pemain seleksi Timnas Indonesia U-19 untuk pemusatan latihan di Thailand pada Januari 2020. Namun, ia gagal. Konsekuensinya, penyerang berusia 18 tahun itu absen dalam dua pemusatan latihan selanjutnya di Jakarta pada Juli 2020 dan di Kroasia pada Agustus-Oktober 2020.

Rendy telah menjadi langganan Timnas Indonesia sejak kelompok umur U-16, tepatnya pada 2017-2018 ketika dipoles Fakhri Husaini.

Saat Fakhri dipromosikan ke Timnas Indonesia U-19, Rendy juga naik level. Dia terpilih masuk skuad untuk dua turnamen bergengsi, Piala AFF U-18 2019 dan Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Rendy berhasil mencetak dua gol ketika Timnas Indonesia U-19 mengakhiri Piala AFF U-18 di peringkat ketiga. Namun, ia nihil gol ketika bermain di Kualifikasi Piala AFC U-19.

Rendy kerap disebut-sebut sebagai penyerang masa depan Timnas Indonesia ketika memulai kariernya bersama timnas U-16. Namun, karena kalah bersaing dengan sejumlah striker seperti Bagus Kahfi dan Sutan Zico, Fakhri mengubah posisinya menjadi gelandang serang.

Video

2 dari 3 halaman

Fajar Fathur Rahman

Sama seperti Rendy, Fajar Fathur Rahman adalah pemain kesayangan Fakhri Husaini sejak di Timnas Indonesia U-16. Dia turut dipromosikan ke timnas U-19 pada 2019.

Fajar juga memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2019 dan Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Pada Piala AFF U-19, Fajar berperan sebagai pemain pelapis. Namun, winger Borneo FC ini masih mampu mencatatkan dua gol.

Fajar berhasil merebut tempat utama di Kualifikasi Piala AFC U-19. Dia mampu menjawab kepercayaan Fakhri Husaini dengan menjadi pemain tersubur di Timnas Indonesia U-19 dengan koleksi tiga gol.

Fajar melewatkan dua pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di awal kepelatihan Shin Tae-yong pada Januari 2020 di Bekasi dan Thailand karena memperkuat Garuda Select di Inggris.

Pada pemusatan latihan di Jakarta, Juli 2020, nama Fajar kembali menghiasi skuad Timnas Indonesia U-19. Namun, ia terlempar dari persaingan untuk menimba ilmu di Kroasia.

3 dari 3 halaman

Salman Alfarid

Perjalanan Salman Alfarid hampir mirip dengan Rendy dan Fajar. Dia juga menjadi jagoan Fakhri Husaini sejak di Timnas Indonesia U-19.

Saat naik level ke timnas U-19, Salman kembali dilirik oleh Fakhri. Dia dipanggil ke dua turnamen, Piala AFF U-18 2019 dan Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Kiprah Salman di Timnas Indonesia U-19 masih berlanjut saat Shin Tae-yong menyeleksinya di Bekasi pada Januari 2020. Namun, ia tidak terpilih untuk pemusatan latihan di Thailand pada bulan yang sama.

Nama Salman terus menghilang pada dua pemusatan latihan berikutnya di Jakarta dan Kroasia, sebelum Shin Tae-yong kembali memercayainya untuk pemusatan latihan virtual kali ini.

Kondisi di Timnas Indonesia U-19 saat ini berbeda untuk Salman. Jika biasanya bermain sebagai starter, ia kini harus bersaing dengan Pratama Arhan, pemain langganan Shin Tae-yong di posisi itu.

Video Populer

Foto Populer