Sukses


Bek Timnas Indonesia U-19 Tetap Fokus Kuliah

Bola.com, Semarang - BekĀ Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan Alif Rifai, tetap memprioritaskan pendidikan sembari menjalankan program latihan di bawah naungan Shin Tae-yong.

Pratama Arhan Alif merupakan satu di antara mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Ia menganggap pendidikan untuk menyandang gelar sarjana di kampusnya, menjadi bekal untuk masa depan.

Sejauh ini, ia belum sempat merasakan perkuliahan secara tatap muka di kampus, Pratama Arhan tetap antusias menjalani kegiatan belajar secara daring. Perkuliahan secara virtual sangat membantunya, terutama saat membagi waktu dengan aktivitasnya di Timnas Indonesia U-19.

"Selama ini kami mengikuti perkuliahan secara online. Tentunya sebagai pemain juga harus menyesuaikan antara jam kuliah dan waktu latihan. Alhamdulillah berjalan lancar, meski sempat ada sedikit kesulitan saat di Kroasia karena perbedaan waktu," Pratama Arhan, Rabu (11/11/2020).

"Misalnya, kami minta izin ke dosen untuk tidak bisa mengikuti kuliah pada jam-jam tertentu. Karena saat TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia masih subuh sekitar jam 4 atau jam 5 pagi," bebernya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Target

Pratama Arhan satu kampus dengan rekannya setim PSIS, Yofandani Damai Pranata. Begitu pula anggota Timnas Indonesia U-19 lainnya dari Bali United, Irfan Jauhari. Ketiganya sama-sama mengambil jurusan S1 Manajemen.

Pratama Arhan ingin tetap fokus baik di bidang olahraga sebagai pesepakbola, maupun di pendidikan yang ditempuhnya saat ini. Dia berharap bisa membagi waktu kuliah dan karir sebagai pesepakbola dengan baik.

"Target saya semoga bisa menyelesaikan studi dengan lancar. Kemudian juga bisa sukses di Timnas Indonesia U-19 dan klub. Terdekat semoga membawa prestasi Timnas di Piala AFC dan Piala Dunia U-20," jelas pemain asal Blora, Jawa Tengah.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer