Sukses


4 Pemain Naturalisasi Asal Afrika yang Pernah Membela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia memang tidak memiliki latar belakang historis dengan negara-negara di benua Afrika. Namun, pada kenyataannya banyak pemain asal negara Afrika yang memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sepak bola Indonesia memang tak bisa dipisahkan dari peran pemain asal Afrika. Sedari dulu kompetisi di Tanah Air menjadi magnet pesepak bola Afrika.

Ketertarikan banyak klub Indonesia terhadap pemain Afrika tak bisa dipisahkan karena kualitas yang dimiliki. Selain itu, pemain Afrika dikenal kuat dan memiliki kualitas fisik tangguh.

Banyak pemain asal Afrika yang malang melintang di Indonesia. Bahkan, ada beberapa yang akhirnya memutuskan untuk menjadi WNI dan tinggal di Indonesia.

Sejauh ini, 35 pemain asing telah mengucap sumpah sebagai WNI. Sebanyak 17 di antaranya berasal dari sejumlah negara di benua Afrika semisal Nigeria, Kamerun, hingga Senegal.

Namun, hanya sedikit yang mampu menembus Timnas Indonesia. Mereka juga jarang menjadi langganan di Timnas Indonesia sehingga sering cepat mengilang.

Lantas, siapa saja pemain naturalisasi asal negara Afrika berhasil menembus Timnas Indonesia?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Osas Saha

Osas Saha merupakan pemain asal Nigeria yang mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2019. Osas Saha sudah berkarier di Indonesia sejak 2007.

Sejumlah klub elite Indonesia pernah menggunakan jasanya semisal PSMS Medan, Semen Padang, Persija Jakarta, hingga PSM Makassar. Pada 2019, Osas Saha berhasil mendapatkan kesempatan debut di Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Osas Saha sudah tampil sebanyak dua kali. Osas Saha masih aktif bermain dan bisa menjadi tambahan amunisi di lini depan Timnas Garuda.

3 dari 6 halaman

Bio Paulin

Bio Paulin merupakan pemain asal Kamerun yang memilih dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2015. Bio Paulin mendapatkan status WNI setelah sembilan tahun bermain di Indonesia.

Bio Paulin meraih kesuksesan ketika membela Persipura rentang 2007-2017. Pemain berusia 36 tahun itu sukses meraih tiga gelar liga bersama klub asal Papua.

Sayangnya, karier Bio Paulin di Timnas Indonesia tidak awet. Bio Paulin hanya sekali tampil bersama Timnas Indonesia dan memilih pensiun pada 2019.

4 dari 6 halaman

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo merupakan pemain asal Nigeria yang memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2011. Ketertarikan Victor Igbonefo pada Indonesia tak terlepas dari perjalanan karier di kompetisi Tanah Air.

Victor Igbonefo sudah bermain di Indonesia sejak 2005. Pencapaian terbaiknya sampai saat ini ketika membela Persipura rentang 2005-2011 di mana Victor Igbonefo berhasil mempersembahkan tiga gelar liga.

Victor Igbonefo berhasil mengawali debutnya di Timnas Indonesia pada 2013. Sejauh ini, pemain berpostur 183 cm itu sudah mengemas 10 penampilan dan masih sering mendapat panggilan dari Timnas Garuda.

5 dari 6 halaman

Greg Nwokolo

Greg Nwokolo merupakan pemain asal Nigeria yang memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2011. Keputusan menjadi WNI tak terlepas dari pengalaman panjang bermain di Indonesia.

Greg sudah merumput di Indonesia sejak 2004. Greg Nwokolo kemudian mengawali debutnya di Timnas Indonesia pada 2013.

Sejauh ini, Greg sudah mengemas delapan pertandingan dan mencetak dua gol. Greg masih aktif bermain di klub dan membela Timnas Merah Putih sampai saat ini.

6 dari 6 halaman

Daftar Lengkap

1. Greg Nwokolo

2. Victor Igbonefo

3. Herman Dzumafo Effandi

4. Abanda Herman

5. OK Jhon

6. Mohammadou Al Hadji

7. Bio Paulin

8. Guy Junior Ondoua

9. Osas Saha

10. Godstime Ouseloka Egwuatu

11. Esaiah Pello Benson

12. Fassawa Camara

13. Sackie Doe

14. Bruno Casimir

15. Mamadou Diallo

16. Zoubairou Garba

17. Mufilutau Opeyemi Ogunsola

Video Populer

Foto Populer