Sukses


Esteban Vizcarra: Penundaan Shopee Liga 1 2020 Lebih Sulit daripada Penghentian Kompetisi 2015

Bola.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, kehilangan kata-kata untuk menggambarkan situasi penundaan Shopee Liga 1 2020 karena pandemi COVID-19. Menurut Esteban Vizcarra, masa-masa ini lebih sulit ketimbang edisi 2015.

Penundaan Shopee Liga 1 2020 menjadi pengalaman kedua masa-masa tanpa kompetisi yang pernah dialami Esteban Vizcarra. Sebelumnya, Esteban Vizcarra pernah mengalaminya pada 2015 saat kompetisi sepak bola Indonesia dibekukan karena intervensi pemerintah.

Namun, penundaan edisi kali ini lebih sulit karena Esteban Vizcarra sama sekali tidak bisa bermain sepak bola. Adapun pada 2015, masih ada pertandingan atau turnamen yang bisa diselenggarakan.

"Tahun ini situasinya lebih sulit karena tidak ada pertandingan dan tidak bisa main. Hanya latihan sendiri dan tak ada kompetisi. Ini sangat sulit," kata Vizcarra seperti dikutip situs resmi klub, Senin (16/11/2020).

Meski demikian, Esteban Vizcarra tak ingin terlarut dalam kekecewaan. Pemain naturalisasi itu memilih fokus melakukan kegiatan lain dan tetap berlatih mandiri demi menjaga kebugaran.

"Kegiatan tetap saya lakukan seperti biasa. Selama ini masih latihan, bangun pagi, bantu anak belajar virtual, dan pergi ke gym untuk latihan. Tetap semangat," tegas Esteban Vizcarra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Guru Dadakan

Esteban Vizcarra juga mengisi waktu luang dengan menjadi guru dadakan buat anaknya. Esteban Vizcarra mengaku rutin memantau proses belajar anaknya yang dilakukan secara virtual.

"Saya menjadi guru dulu karena anak saya sekolahnya masih secara online. Saya dan istri memantau terus dia belajar," ucap Esteban Vizcarra.

Maklum, Persib Bandung sudah meliburkan para pemainnya selama dua bulan sampai akhir Desember 2020. Hal itulah yang membuat Esteban Vizcarra dan pemain lainnya bisa fokus kepada keluarga.

Video Populer

Foto Populer