Sukses


Shopee Liga 1 Vakum, Pemain PSIS Angon Bebek

Bola.com, Semarang - Banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan pemain PSIS Semarang di tengah Shopee Liga 1 yang masih vakum.

Bek muda PSIS, Riyan Ardiansyah, yang sedang berada di kampung halaman di Pati, Jawa Tengah, merintis budidaya bebek. Usaha yang digeluti setidaknya dapat menambah penghasilan.

Beternak bebek yang ia lakukan tak lepas dari pengaruh kakeknya. Ia ikut membantu sang kakek untuk ikut mengurusi peternakan bebek yang sudah berjalan satu tahun ini.

"Selama di rumah, kegiatan saya lebih banyak dilakukan dengan bertani dan beternak. Kakek saya menggarap sawah dan kebunnya. Saya lebih fokus pada ternak bebek, dan sesekali membantu beliau di sawah," ungkap Riyan, Rabu (18/11/2020).

"Kegiatan ini sekaligus membuat saya belajar hal lain di luar sepak bola. Apalagi sekarang belum ada kompetisi. Jadi saya manfaatkan waktu untuk hal lain, meski tetap menjaga kondisi dengan latihan di kampung," tutur jebolan PPLM Jateng itu.

"Alhamdulillah, perkembangannya cukup bagus. Ada 200 bebek hampir semuanya sudah bertelur. Tapi produksi telurnya tidak pasti, kadang bertambah kadang kurang," terangnya.

2 dari 3 halaman

Dunia Peternakan

Selain sepak bola sebagai kegemaran sekaligus profesinya, Riyan mengaku sejak kecil menyukai dunia peternakan. Sering menghabiskan waktu di ladang dan alam, membuatnya terinspirasi jadi peternak.

Saat ini fokusnya adalah memelihara bebek untuk memproduksi telur. Dari situlah ia belajar banyak dari kakeknya, termasuk mencari keuntungan dari menjual telur bebek.

"Kandang bebeknya juga kebetulan sebelahan sama kebun milik kakek saya. Selama kompetisi berjalan, kakek yang mengurusnya, karena saya juga jarang di rumah. Nanti keuntungannya dibagi dua sama kakek," lanjut Riyan.

"Harapan saya semoga bisa semakin besar usaha ternaknya. Bisa sebagai bekal juga nanti kalau sudah tidak jadi pemain bola lagi," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Liga Europa di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer