Sukses


3 Bulan Jelang Shopee Liga 1 Kembali Bergulir, PT LIB Menghadap dan Melobi Kepolisian

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak mau mengulang kesalahan. Sejak jauh-jauh hari, perusahaan yang dipimpin oleh Akhmad Hadian Lukita itu telah mengejar rekomendasi keramaian dari pihak kepolisian untuk menggulirkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020/2021.

PT LIB belajar dari kasus sebelumnya pada Oktober 2020. Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 terpaksa kembali ditangguhkan akibat tidak mendapatkan izin dari Polri pada detik-detik akhir menjelang kelanjutan kompetisi.

PT LIB yang diwakili oleh direktur utama, Akhmad Hadian Lukita, direktur operasional, Sudjarno, dan direktur keuangan, Anthony Chandra Kartawiria, menghadap Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri pada Selasa (24/11/2020) siang WIB.

Romongan PT LIB ditemui langsung oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. yang didampingi oleh Kakor Sabhara IJP Drs. Wahyudi Hidayat serta Dirsamapta Korsabhara. Dalam pertemuan di Mabes Polri, Jakarta, tersebut, PT LIB menyampaikan banyak pembahasan terkait kelanjutan Shopee Liga 1.

"Secara global, kami menjelaskan pentingnya lanjutan kompetisi domestik. Manfaat dan perannya akan sangat besar. Bukan saja untuk sepak bola nasional secara menyeluruh, namun juga untuk meyakinkan dunia tentang sepak bola Indonesia sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2021," kata Lukita dinukil dari laman liga-indonesia.id.

2 dari 3 halaman

Mendapatkan Banyak Dukungan

Lukita melanjutkan, bahwa banyak pihak yang mendukung kelanjutan kompetisi. PT LIB berencana memulai kembali Shopee Liga 1 pada Februari 2021 dengan perubahan titel menjadi musim 2020/2021.

"PT LIB dalam hal ini tetap memerhatikan dan mematuhi protokol kesehatan selama kompetisi bergulir," jelas Lukita.

Sementara itu, kepada kepolisian, Sudjarno menjelaskan teknik pelaksanaan Shopee Liga 1, termasuk peraturan tanpa penonton. “Kami informasikan bahwa kompetisi akan digelar tanpa penonton dan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar FIFA, AFC dan sesuai arahan dari Satgas penanggulangan COVID-19. Lebih dari itu kami juga menjelaskan akan dibuatkan peraturan agar suporter atau penonton tetap patuh terhadap protokol kesehatan,” terang Sudjarno.

Adapun, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H mengaku senang dengan informasi detail yang dijelaskan oleh PT LIB terkait persiapan kelanjutan kompetisi. "Terima kasih atas kehadiran dan informasinya. Pada prinsipnya kami akan memberikan dukungan penuh," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer