Sukses


Liga Primer Singapura Mulai Izinkan Suporter ke Stadion, Shopee Liga 1 Masih Belum Jelas

Bola.com, Singapura - Liga Primer Singapura (SPL) bakal membuat gebrakan pada akhir pekan ini. Untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19 menyerang pada Maret 2020, pertandingan kompetisi elite Singapura itu kembali akan digelar secara terbuka alias dihadiri suporter di stadion.

Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS). Keputusan untuk mengizinkan suporter datang ke stadion sudah mendapatkan restu dari Pemerintah Singapura.

"Setelah berdiskusi dengan Kemeterian Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda, Kementerian Kesehatan dan Olahraga Singapura, akan dilakukan uji coba satu pertandingan untuk memastikan pertandingan mampu menerapkan protokol kesehatan yang diperlukan," bunyi pernyataan FAS dalam situs resminya.

Pertandingan yang akan jadi percontohan adalah laga antara Tampines Rovers melawan Geylang International di Tampines Stadium, Sabtu (5/12/2020). Jumlah kuota penonton yang boleh datang ke stadion adalah 200 orang, rinciannya adalah 150 suporter tim tuan rumah dan 50 orang dari tim tamu.

FAS menjamin akan melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Nantinya, juga jarak antarpenonton agar diatur sedemikian rupa demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Langkah untuk mengizinkan sejumlah penonton hadir di stadion menandakan langkah progresif untuk mendapatkan kembali kehadiran suporter dalam pertandingan sepak bola. Hal ini mungkin terjadi karena kemajuan yang dibuat oleh SPL sejak dimulai kembali pada 17 Oktober lalu," ucap pernyataan tersebut.

Keberanian Liga Primer Singapura mengizinkan suporter hadir di stadion karena angka penyebaran COVID-19 yang mulai melandai. Rataan kasus baru yang terkonfirmasi di Singapura mengalami penurunan, yakni di bawah 5 kasus per hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tidak Jelas

Berbeda dengan Singapura yang sudah mengizinkan suporter ke stadion, Indonesia justru masih tidak ada kepastian dalam melanjutkan Shopee Liga 1. Kompetisi elite Indonesia itu ditunda ke Februari 2021.

Meskipun demikian, kelanjutan dari Shopee Liga 1 sepenuhnya belum jelas. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mengumumkan tanggal pasti kick-off lanjutan kompetisi.

Hal inilah yang membuat klub peserta menjadi pesimistis akan nasib kompetisi. Apalagi awal 2021 bakal padat agenda internasional untuk Timnas Indonesia, yakni Piala AFF, Kualifikasi Piala Dunia 2022, dan Piala Dunia U-20 2021.

Sumber: FAS

Video Populer

Foto Populer