Sukses


Indra Sjafri Tidak Tahu Maksud Klaim Naturalisasi Sandy Walsh

Bola.com, Jakarta - Bek KV Mechelen, Sandy Walsh, mengaku proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) akan dimulai pada Januari 2021. Pemain berusia 25 tahun itu mengklaim PSSI akan bertemu dengan FIFA untuk membahas kemungkinan tersebut.

Sandy Walsh merupakan pesepak bola kelahiran Brussels, Belgia, yang pernah memperkuat Timnas Belanda di bergagai level usia, mulai dari U-15 sampai U-20. Namun, pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu belum pernah membela Timnas Belanda senior.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, bingung dengan pernyataan dari Sandy Walsh terkait pertemuan PSSI dengan FIFA. Menurutnya, proses naturalisasi seorang pemain mengacu pada Statuta FIFA dan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

"Kok harus bertemu dengan FIFA? Kan sudah ada peraturan buat naturalisasi dari FIFA. Jadi kalau ada pemain yang ingin dinaturalisasi, ikuti saja aturan itu. Dan tidak harus bertemu dengan FIFA," imbuh Indra Sjafri kepada Bola.com, Minggu (6/12/2020).

"Tanya Sandy Walsh lagi. Maksudnya PSSI harus apa dengan bertemu FIFA? Kalau ada pemain yang akan dinaturalisasi, pemain itu harus mengikuti aturan FIFA dan undang-undang di Indonesia.

"Apakah Sandy Walsh masuk proyeksi untuk dinaturalisasi PSSI atau klaim dia saja? Coba tanya Sandy Walsh langsung," jelas pria berusia 57 tahun tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Darah Indonesia Sandy Walsh

Darah Indonesia Sandy Walsh diwarisi ibunya, Brigitta Portier, yang lahir dari orang tua asal Indonesia. Ayahnya, Gary Walsh, berasal dari Inggris yang memiliki keturunan Irlandia dan Swiss.

"Alangkah bagusnya, jika saya ingin bermain untuk tim nasional, itu adalah Timnas Indonesia," kata Sandy Walsh dinukil dari media Belgia, HLN.

"Ada hubungan dekat dengan PSSI dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menginginkan saya ada di sana. Pada Januari 2021, mereka memiliki janji dengan FIFA untuk membahas dokumen saya."

"Jika FIFA menyetujui saya beralih kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia, saya dapat menyiapkan paspor saya dan dipanggil ke Timnas Indonesia," imbuh Sandy Walsh.

Video Populer

Foto Populer