Sukses


Ketua PSSI: Shin Tae-yong Keras Kepala

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengenai karakter dari pelatih Shin Tae-yong yang sudah hampir setahun menukangi Timnas Indonesia. Menurut Iriawan, pelatih asal Korea Selatan itu punya karakter yang keras kepala.

Namun, Mochamad Iriawan mengaku tak masalah dengan karakter keras kepala Shin Tae-yong. Hal itu dilakukan Shin Tae-yong untuk mempertahankan pendapatnya demi memberikan yang terbaik di Timnas Indonesia.

"Shin Tae-yong adalah pelatih profesional. Hanya memang keras kepala, tapi bagus. Keras kepala untuk kebaikan kan bagus," kata Mochamad Iriawan dalam kanal Youtube miliknya.

Sementara itu, Iriawan juga menyebut Shin Tae-yong merupakan sosok pelatih yang profesional. Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga dikenal disiplin dan tegas dalam mengambil keputusan.

Contohnya adalah saat pencoretan pemain. Iriawan mengaku pihaknya sama sekali tidak ikut campur dalam hal-hal yang bersifat teknis di Timnas Indonesia.

"Namun, memang seperti itulah pelatih profesional. Yang bersangkutan (Shin Tae-yong) bersama timnya bisa membagi waktu. Dia tahu bagaimana meningkatkan penampilan timnya, disiplin, dan tegas dalam pencoretan pemain karena kami tidak ikut campur," ucap Iriawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Serap Ilmu

Mochamad Iriawan meminta para pelatih lokal Indonesia untuk menyerap ilmu dari Shin Tae-yong. Seperti diketahui, saat ini ada dua pelatih Indonesia yang masuk dalam tim kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19, yakni Nova Arianto sebagai asisten dan Sahari Gultom sebagai pelatih kiper.

Kemudian juga ada Indra Sjafri yang menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI. Iriawan meminta untuk mengambil hal-hal yang positif dari Shin Tae-yong dan mengabaikan yang buruk.

"Ini menjadi pembelajaran bagi pelatih-pelatih Indonesia untuk ambil sisi baik dari Shin Tae-yong. Yang kurang baiknya kira-kira dibuang. Akan tetapi, kami melihat yang bersangkutan memang profesional," tegas Iriawan.

Video Populer

Foto Populer