Sukses


Sultan Samma Pernah Menolak Panggilan Timnas Indonesia demi Klub

Bola.com, Samarinda - Gelandang senior Borneo FC, Sultan Samma, membuat pengakuan mengejutkan yakni pernah menolak panggilan Timnas Indonesia pada 2009. Ketika itu, Sultan Samma enggan memenuhi panggilan Timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2009.

Penolakan itu dilakukan Sultan Samma demi bisa tetap bermain untuk klubnya saat itu, Persisam Putra Samarinda. Ketika itu, ada aturan dari PSSI yakni pemain yang mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia dilarang kembali ke klub.

Ketika itu, pemusatan latihan Timnas U-23 berlangsung di Palembang, Sumatra Selatan. Tak hanya Sultan Samma, para pemain lain juga ada yang enggan memenuhi panggilan tersebut karena terbentur regulasi PSSI.

"Saya waktu itu tidak mau memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Waktu itu, regulasi pemain yang dipanggil tidak bisa memperkuat klub selama setengah musim, sedangkan kami ingin bermain di klub masing-masing," kata Sultan Samma seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (15/12/2020).

"Dari pihak Timnas Indonesia mewajibkan kami harus TC di Palembang selama enam bulan tanpa boleh bermain di klub. Beda dengan sekarang bisa bolak-balik, kalau dulu enggak boleh. Harus di Palembang waktu selama enam bulan," kenang pemain berusia 34 tahun itu.

Namun, akhirnya Sultan Samma dan pemain lainnya melunak. Klub ketika itu memberikan izin penuh kepada Sultan Samma untuk bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-23 dan tetap mendapatkan bayaran.

"Akhirnya, dari pihak klub kami membolehkan asal gaji jalan juga. Jadi pemain agak tenang waktu itu," ujar Sultan Samma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tak Sia-sia

Pengorbanan Sultan Samma ketika itu tak sia-sia. Sultan Samma berhasil dipilih oleh pelatih Alberto Bica untuk menghuni skuat inti Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2009.

Namun, ketika itu Timnas U-23 gagal meraih prestasi. Tim Merah Putih menjadi juru kunci grup setelah menelan dua kekalahan dan hanya meraih sekali imbang.

Sejak saat itu, Sultan Samma tidak pernah lagi mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia. Secara keseluruhan, Sultan Samma mengemas lima penampilan bersama Timnas U-23.

Video Populer

Foto Populer