Sukses


Bomber PSS Bercerita Tentang Shevchenko dan Pernah berduel dengan Pogba dan Lukaku

Bola.com, Jakarta - Andriy Shevchenko begitu familiar bagi warga Ukraina, sebagai bintang besar sepak bola di negaranya. Ia menjadi pemain paling populer Ukraina dengan deretan prestasi yang ditorehkannya.

Dibesarkan oleh Dinamo Kiev, Shevchenko menjadi mega bintang di AC Milan dengan segudang trofi dan penghargaan individu. Pemain yang mempunyai nama akrab Sheva, juga menjadi tulang punggung bagi Timnas Ukraina.

Meski sempat mengalami masa keterpurukan bersama Chelsea, Shevchenko tetaplah menjadi pemain nomor satu di Ukraina. Seperti yang diakui oleh bomber andalan PSS Sleman, Yevhen Bokhasvili yang juga satu negara dengan Shevchenko.

Belum lama ini, Yevhen Bokhasvili bercerita tentang sepak bola negaranya, termasuk sosok Andriy Shevchenko dalam kanal YouTube PSS yang dipandu oleh Panjirangi. Ketika membahas tentang Shevchenko, dengan mudah ia mengakui kehebatan dan nama besarnya.

"Andriy Shevchenko? Tidak ada satupun orang di Ukraina yang tidak menyukai dia. Sheva adalah pemain terbaik dalam sejarah Ukraina, meski saat di Chelsea menjadi karier terburuknya. Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Yevhen Bokhasvili.

"Memenangkan golden ball dan menjadi topscorer di Eropa. Seperti mampu membuat AC Milan menjadi tim terkuat di dunia," tuturnya.

Video

2 dari 3 halaman

Striker Sejati

Yevhen menegaskan kekagumannya kepada Shevchenko dengan menyebutnya sebagai striker sejati, seperti Ronaldo Luiz Nazario da Lima.

Sheva dan Ronaldo merupakan idolanya sejak masih belia. Bahkan pada masa kejayaan Shevchenko, sempat mendapat julukan Ronaldo dari timur. Yevhen mengakui kedua pemain favoritnya tersebut sebagai pemain nomor 9 sejati.

"Dia mendapat respek luar biasa sejak menjadi pemain maupun pelatih sekarang ini. Tentu dia menjadi inspirasi saya dalam bermain, selayaknya Ronaldo Nazario yang sangat tajam sebagai striker," ungkap dia.

"Sheva dan Ronaldo adalah striker sejati, bukan striker era sepak bola sekarang yang mulanya adalah winger, seperti Mbappe, Neymar, atau Cristiano Ronaldo. Nomor sembilan yang sejati menurut saya," tutur pemain berusia 27 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Berduel dengan Para Bintang

Di sisi lain, Yevhen Bokhasvili ternyata pernah mencapai titik yang tinggi sebagai pemain sepak bola di negaranya. Yakni berkesempatan membela Timnas Ukraina U-17 di tahun 2010.

Diakuinya sebagai sebuah kebanggaan karena ia berasal klub Dnipro Dnipropetrovsk yang kalah populer dibanding Dinamo Kiev atau Shaktar Donetsk. Ia berhasil membuktikan diri dan menimba pengalaman cukup banyak.

"Di Ukraina semua berlomba untuk bisa menembus Timnas sejak dini, mulai dari U-19, U-20, dan U-21. Kemudian banyak yang berasal dari Shaktar Donetsk dan Dinamo Kiev, dan sedikit yang berasal dari klub lain. Tapi menjadi pengalaman luar biasa bagi saya bisa satu tim dengan pemain-pemain bagus," tuturnya

"Pengalaman bisa bermain dengan lawan-lawan yang tangguh seperti Paul Pogba, Romelu Lukaku, Lorenzo Insigne, Raphael Varane, dan Matteo Kovacic. Mereka bermain di level teratas dan saya melawan mereka, hanya pemain sepak bola yang dapat merasakan itu," tegas Yevhen.

Video Populer

Foto Populer