Sukses


Alasan Utama PSSI Kekeuh Gelar TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol, Bukan karena Piala AFC U-19

Bola.com, Jakarta - PSSI ingin menjaga psikologis para pemain Timnas Indonesia U-19. Itulah yang menjadi alasan mengapa mereka tetap mengirimkan David Maulana dkk. ke Spanyol dalam rangka pemusatan latihan (training centre), meski Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan.

Persiapan yang dilakukan sejak Januari 2020 oleh pelatih Shin Tae-yong muaranya hanya satu, demi penampilan membanggakan di Piala Dunia U-20 tahun depan. Namun, perbekalan itu terasa sia-sia, karena turnamen tersebut gagal digelar akibat pandemi COVID-19.

FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Sebagai gantinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah turnamen paling prestise untuk usia U-20 itu pada 2023.

"Pertama, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan anggota Komite Eksekutif menghargai keputusan FIFA karena alasan pandemi COVID-19. Kedua, Ketua PSSI dan Exco juga menjaga keseimbangan dan psikologis anak-anak Timnas Indonesia U-19," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Terlepas dari gonjang-ganjing di luar sana, mengapa harus tetap berangkat ke Spanyol meski Piala Dunia U-20 2021 batal? PSSI tidak dalam persoalan itu. PSSI tetap bertanggung jawab untuk membina anak-anak Timnas Indonesia U-19," imbuh Yunus Nusi.

2 dari 3 halaman

Tanggung Jawab PSSI

Sebetulnya, tanpa Piala Dunia U-20 2021, Timnas Indonesia U-19 masih akan berkancah dalam turnamen elite pada tahun depan. Tim Garuda Muda, julukannya, bakal mengikuti Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan pada Maret 2021.

Namun, bukan karena adanya Piala AFC U-19 yang membuat PSSI tetap mengirimkan Timnas Indonesia U-19 ke Spanyol. Melainkan, sebagai bentuk tanggung jawab dan obat pelipur lara Garuda Muda setelah gagal tampil di Piala Dunia U-20 2021.

"Tetapi yang lebih penting bahwa, anak-anak ini menjadi cikal bakal masa depan Timnas Indonesia dalam dua dekade ke depan. Insyaallah kami menganggap mereka yang terbaik. Pada saat nanti, anak-anak ini yang akan menjadi pemain timnas U-23 dan senior di tahun-tahun yang akan datang. Jangan mereka sudah tidak berlaga di Piala Dunia U-20 2021, lalu juga tidak jadi ke Spanyol," terang Yunus Nusi.

"Ketua PSSI tetap menghargai dan memahami kondisi psikologi anak-anak. Apapun itu, PSSI tetap memberangkatkan. Soal anggaran, kan biasa PSSI yang membiayai. Sebelum tahun ini kan, di tahun-tahun sebelumnya, PSSI yang membiayai pemusatan latihan Timnas Indonesia seluruh level usia," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Mental Pemain Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games yang Diinginkan Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer