Sukses


David da Silva ke Terengganu FC, Bertambah Lagi Jebolan Klub Shopee Liga 1 yang Merantau ke Malaysia

Bola.com, Surabaya - Teka-teki klub baru yang menjadi pelabuhan striker Brasil, David da Silva, setelah meninggalkan Persebaya Surabaya akhirnya terjawab. Pemain berkepala plontos itu secara resmi telah bergabung dengan klub Malaysia, Terengganu FC.

Kabar ini sekaligus membenarkan rumor yang beredar selama satu bulan terakhir mengenai klub anyar David da Silva. Pemain berusia 31 tahun itu memutuskan meninggalkan Persebaya sejak 6 Desember 2020.

David da Silva diperkenalkan sebagai penggawa Terengganu melalui dua buah kiriman di akun Instagram resmi klub, Sabtu (2/1/2021). Unggahan pertama membuat foto David da Silva dengan latar belakang saat masih membela Persebaya Surabaya.

"Selamat datang ke pasukan Terengganu FC buat David da Silva! Penyerang yang berasal dari Brasil ini bakal menjadi tonggak utama di bagian serangan buat TFC! Selamat datang Da Silva! #TOGETHER We Bleed Black and White!" tulis akun Instagram resmi Terengganu FC.

Kiriman kedua merupakan video yang menampilkan David da Silva dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan memperlihatkan performa striker yang akrab dengan sebutan Cak Gundul saat masih berseragam Persebaya.

Sejauh ini belum ada komentar resmi dari David da Silva mengenai kepindahannya ini. Pihak klub juga tidak mengungkapkan berapa lama durasi kontraknya. Terengganu FC merupakan klub Asia kesembilan yang dibela oleh David.

Video

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier David da Silva

Sebelumnya, dia sempat berkarier di Timur Tengah dan Jepang. Kemudian, pada 2018, David da Silva hijrah ke Indonesia dan bergabung bersama Persebaya, disusul dengan sempat mencicipi Liga Korea bersama Pohang Steelers

Performa David yang cukup impresif lahir saat dia membela tim Bajul Ijo. Dia menjadi fenomena dengan banyak rekor yang dicatat selama tampil di Liga 1 2018 dan Liga 1 2019. Koleksi golnya telah membuktikan hal tersebut.

Dia menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak tiga kali hattrick selama musim tersebut. Tiga klub telah menjadi korban gelontoran trigolnya adalah Mitra Kukar, PS Tira, dan Bali United. Semuanya berakhir kemenangan untuk Persebaya.

Selain catatan hattrick, masih ada satu lagi torehan impresif David da Silva  bersama Persebaya selama musim 2018. Kali ini terjadi di Piala Indonesia 2018. Dia mampu mencetak empat gol alias quattrick dalam pertandingan melawan PSBI Blitar di Surabaya.

Total, David menyumbang 39 gol dalam 43 pertandingan bersama Persebaya selama kompetisi resmi. Dia menjadi striker asing dengan angka produktivitas yang pernah dimiliki oleh klub asal Kota Pahlawan itu.

Terakhir, David da Silva berhasil menyumbang trofi meski berstatus turnamen pramusim. Dia menjadi bagian integral tim Bajul Ijo saat menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020.

Sebelum David da Silva, ada beberapa eks klub Liga 1 yang merapat ke klub Malaysia. Ryuji Utomo telah dipinjamkan ke Penang FC. Kemudian Syahrian Abimanyu yang dikontrak jangka panjang oleh Johor Darul Takzim.

Rumor yang berkembang, eks Persebaya lainnya, Makan Konate, juga kembali diminati klub Malaysia. Konate pernah memperkuat T-Team atau Terengganu FC II ketika klub itu disebut oleh pelatih asal Indonesia, Rahmad Darmawan.

Video Populer

Foto Populer