Sukses


Federasi Sepak Bola Yaman Umumkan Pembatalan Piala AFC U-19 2021, PSSI Tunggu Keputusan AFC

Bola.com, Tarragona - Federasi Sepak Bola Yaman (FA Yaman) mengabarkan bahwa Piala AFC U-19 2021 batal digelar. Terkait rumor itu, PSSI masih menunggu pengumuman dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

PSSI enggan berspekulasi atas kabar dari FA Yaman tersebut dan tetap berpatokan terhadap keputusan resmi dari AFC terkait pelaksanaan Piala AFC U-19 2021.

"Kabar pembatalan Piala AFC U-19 2020 dari Federasi Sepak Bola Yaman? Informasi dari AFC adalah pegangan untuk PSSI," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, kepada Bola.com, Sabtu (2/1/2021).

Indra Sjafri tidak tahu banyak mengenai kabar tersebut lantaran sedang berada di Spanyol untuk menemani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Bola.com telah mencoba mengonfirmasi laporan dari FA Yaman itu kepada Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Namun, keduanya tidak memberikan jawaban.

"Apakah AFC sudah atau belum memberitahu pembatalan Piala AFC U-19 2021? Coba tanya ke Kesekretariatan Jenderal PSSI," imbuh Indra Sjafri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Piala AFC U-16 2021 juga Dikabarkan Urung Dilaksanakan

Selain Piala AFC U-19, FA Yaman juga melaporkan bahwa Piala AFC U-16 tahun ini urung digelar. Penyebabnya sama, karena wabah virus corona yang belum mereda.

FA Yaman mengetahui informasi ini dari Wakil Presiden AFC, Saoud Al-Mohannadi.

Sebelum kabar pembatalan itu beredar, Piala AFC U-16 seharusnya digelar pada Desember 2020 di Bahrain, namun diundur menjadi Maret-April 2021 lantaran wabah virus corona. Adapun, Piala AFC U-19 semula dijadwalkan pada Oktober 2020 di Uzbekistan, namun ditunda menjadi Maret 2021.

"AFC membatalkan Piala AFC U-16 dan U-19 yang dijadwalkan pada Maret dan April 2021 karena dampak dari penyebaran COVID-19," tulis Yaman FA pada akun Facebook-nya, Yemen FA.

"Wakil Presiden AFC, Saoud Al-Mohannadi telah mengonfirmasi dua turnamen yang dijadwalkan di Uzbekistan dan Bahrain ini batal karena rekomendasi dari Komite Turnamen," lanjut pengumuman tersebut.

FA Yaman, menurut informasi dari AFC, mengabarkan bahwa Piala AFC U-16 dan U-19 akan kembali digelar pada 2023 dengan Bahrain dan Uzbekistan masih berstatus sebagai tuan rumah.

"Mengindikasikan bahwa keputusan pembatalan ini datang setelah FIFA membatalkan Piala Dunia U-17 dan U-20 2021. Bahrain dan Uzbekistan akan kembali menjadi tuan rumah pada 2023," kata Yaman FA.

Video Populer

Foto Populer