Sukses


Pantang Menyerah di Kualifikasi Piala Dunia, Media Korea Sebut Timnas Indonesia Seperti Bumbu Kimchi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Namun, tim berjulukan Skuad Garuda itu telah tersingkir dari peta persaingan.

Lima kali bertanding di Grup G, lima kali pula Timnas Indonesia menelan kekalahan. Hasil buruk itu membuat Simon McMenemy dipecat dari posisinya sebagai pelatih Skuad Garuda.

Sebagai gantinya, PSSI menunjuk Shin Tae-yong, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Arsitek berusia 50 tahun itu diharapkan dapat memberikan hasil positif bagi Skuad Garuda di tiga laga tersisa.

"Timnas Indonesia memang telah terleminasi dari Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, coach Shin Tae-yong berjanji untuk menjadikan tim seperti gochugaru (bubuk cabai merah yang pedas)," tulis media Korea Selatan, Chosun, dalam wawancaranya dengan Shin Tae-yong, Selasa (5/1/2021).

'Bubuk cabai merah yang pedas' atau gochugaru, yang biasa dipakai untuk bumbu kimchi dan aneka masakan Korea lainnya, diartikan sebagai sebuah analogi untuk Timnas Indonesia yang tidak akan melepas tiga pertandingan terakhirnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda bakal tetap berjuang dan berpeluang mengganggu persaingan papan atas dari Grup G.

"Timnas Indonesia memang lima kali kalah dari lima kali pertandingan sejauh ini sehingga tidak akan lolos dari putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022," imbuh Shin Tae-yong dengan senyum penuh arti, seperti yang digambarkan Chosun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

3 Laga Tersisa

Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan kembali dilanjutkan pada Maret dan Juni tahun ini. Timnas Indonesia masih bakal berhadapan dengan Thailand pada 25 Maret 2021, Uni Emirat Arab (UEA) pada 30 Maret 2021, dan Vietnam pada 8 Juni 2021.

Saat ini, Vietnam masih memuncaki klasemen Grup G dengan 11 poin, disusul oleh Malaysia dengan sembilan angka, dan Thailand yang meraih delapan poin. Ketiganya telah bermain lima kali. Adapun, UEA menempati peringkat keempat dengan enam poin, namun baru bermain empat kali.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia juga dijadikan sebagai syarat untuk lolos ke Piala Asia 2023 via babak ketiga. Timnas Indonesia, yang terpuruk di posisi buncit Grup G, masih punya kans asal dapat menyapu bersih tiga laga tersisa.

 

Sumber: Chosun

Video Populer

Foto Populer