Sukses


Masih Perlu Pembenahan, Stadion Jatidiri Sudah Layak untuk Menggelar Latihan

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang mulai mendapatkan lampu hijau dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk penggunaan Stadion Jatidiri. Stadion tersebut memang masih belum rampung proses renovasinya.

Sementara PSIS Semarang ingin segera menggunakannya dan sekaligus mencari solusi dalam pengelolaannya. Gubernur Ganjar Pranowo belum lama ini memperbolehkan skuat PSIS termasuk pemain mudanya, bisa berlatih di Stadion Jatidiri.

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng turut meninjau kondisi sekaligus kelayakan Stadion Jatidiri, yang proses renovasinya telah mencapai angka 80 persen. Ketua PSSI Jateng, Edy Sayudi didampingi Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi meninjau langsung kondisi stadion, Jumat (8/1/2020).

"Sebagaimana permintaan dari Pak Gubernur untuk melihat kondisi dan situasi di Stadion Jatidiri ini yang belum selesai dibangun. Kalau dari pengamatan mungkin baru dibangun sekitar 70 sampai 80 persen. Masih ada atap tribune yang belum dibangun," ungkap Edy Sayudi.

Setelah melihat kondisi lapangan, lintasan atletik, tribune penonton, hingga sejumlah ruangan di tribune barat dan timur. Pihaknya menyebut Stadion Jatidiri untuk sementara waktu sudah cukup layak digunakan latihan, tapi belum dapat digunakan untuk pertandingan resmi kompetisi.

"Kalau untuk latihan itu bisa digunakan, termasuk area atletiknya bisa digunakan. Tapi, kalau untuk kompetisi secara resmi masih butuh perbaikan. Ada beberapa titik yang masih perlu perbaikan," bebernya.

Meski sudah meninjau langsung, Edy menyadari apa yang disampaikan bukan menjadi pedoman bagi pihak Pemprov Jateng sebagai pengelola. Sebab, dalam melakukan verifikasi, pihak Asprov Jateng tak memiliki wewenang akan hal itu.

"Kalau Stadion Jatidiri ini karena levelnya internasional mestinya akan ada verifikasi dari pusat. Kami di level provinsi tidak punya kewenangan akan hal itu. Sepenuhnya menjadi kewenangan pusat dan FIFA atau organisasi di atasnya," jelas Edy Sayudi.

 

Video

2 dari 2 halaman

Persiapan PON 2021

Sementara itu, hasil tinjauan dari Asprov PSSI Jateng menjadi masukan yang positif bagi Pemprov Jateng. Sambil menunggu proses penyelesaian renovasi stadion, sarana olahraga yang sudah jadi dapat digunakan atlet berlatih.

Khususnya dalam mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua. Selain itu, skuat PSIS Semarang bisa menggunakan lapangan di Stadion Jatidiri untuk berlatih selama kompetisi Liga 1.

"Tentu Asprov Jateng telah banyak memberikan catatan atau parameter kepada kami sebagai pengelola. Mana yang boleh dan tidak boleh dalam pemanfaatannya. Kalau untuk latihan masih boleh, tapi untuk saat kompetisi rasanya belum layak," papar Kadisporapar Jateng, Sinoeng Rachmadi.

"Jangankan PSIS, SSB pun boleh. Tapi nanti jadwal hingga sewanya kami atur. Juga diprioritaskan untuk tim PON Jateng seperti latihan cabor atletik," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer