Sukses


Sopian Hadi Kenang Momen Bisa Tembus Skuad Persija Senior Saat Masih Berusia Sangat Muda

Bola.com, Jakarta - Memperkuat Persija Jakarta merupakan impian untuk semua pemain muda. Maklum Mayan Kemayoran merupakan tim yang berbasis di ibu kota Indonesia, Jakarta.

Oleh karena itulah sangat beruntung untuk seorang pemain yang bisa tembus skuad senior Persija pada usia masih sangat muda. Salah satu pemain yang masuk kategori ini adalah Sopian Hadi.

Tercatat saat bisa tembus skuad Persija senior tahun 1999-2000, Sopian Hadi masih berusia sangat muda. Tahun 2000, ia bahkan berstatus pemain DKI Jakarta yang mengikuti Pra-PON.

"Cerita awal mula masuk Persija itu tahun 1997-1998. Saya dibawa oleh coach Iwan ke Persija junior. Saya bermain untuk liga remaja. Kemudian saya main Pra-PON DKI tahun 2000," Sopian Hadi bercerita melalui channel Youtube Persija TV.

"Abis selesai Pra-PON itulah saya masuk Persija senior tahun 1999-2000. Pelatihnya saat itu masih Ivan Kolev," tambahnya.

Sopian Hadi pun merasa bangga saat itu lantaran masih berusia masih sangat muda tapi bisa tembus tim utama. Meskipun bersama Ivan Kolev, ia tidak pernah mendapat kesempatan bermain.

"Waktu itu saya masuk sebagai pemain muda bersama salah satunya Hary Saputra. Kami datang sebagai pemain muda untuk mengisi slot pemain magang saat itu istilahnya ya," cerita Sopian Hadi yang pernah memperkuat Persita Tangerang itu.

2 dari 2 halaman

Juara 2001

Sopian Hadi sendiri menjadi bagian dari Persija saat menjadi juara tahun 2001. Dan di tahun ini juga ia melakukan debut bersama skuad Mayan Kemayoran.

Dia percaya turun pada dua laga pertama Persija melawan Persijatim dan Persikabo. "Jujur karena saya pemain muda, agar sedikit nervous saat itu. Hanya saja senior banyak bantu. Antonio Claudio, Nuralim banyak memberikan motivasi," Sopian Hadi bercerita.

"Kala itu melawan Persijatim kita main imbang 0-0 sebagai tim tamu. Lalu kalah 1-2 kalau tidak salah dari Persikabo. Cukup senang dengan debut apalagi bisa clean sheet," tambahnya.

Kini Persija tidak bisa lepas dari Sopian Hadi. Karena ia berstatus salah satu pelatih di program Persija Development.

 

Sumber: Youtube Persija

Video Populer

Foto Populer