Sukses


Gagal Tampil di Piala AFC U-16, Timnas Indonesia U-16 Tetap Punya Prospek Cerah di Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 bernasib sama dengan timnas U-19. Dua timnas kelompok usia itu gagal bertanding di turnamen prestise level usia di Asia pada tahun tahun ini.

AFC memutuskan untuk membatalkan Piala AFC U-16 dan U-19 tahun ini. Jadwal asli dua turnamen itu adalah akhir 2020, sebelum sempat diundur hingga awal 2021 dan urung digelar.

Seperti timnas U-19, Timnas Indonesia U-16 telah menggelar persiapan panjang sejak setahun lalu. Setiap bulannya, pelatih Bima Sakti rutin menggeber Alexandre Felix Kamuru dan kawan-kawan dalam pemusatan latihan.

Timnas Indonesia U-16 juga sempat melakoni dua pertandingan uji coba internasional melawan Uni Emirat Arab di kandang lawan pada Oktober 2020. Garuda Muda, julukannya, menelan dua kekalahan dengan skor 2-3 dan 0-4.

"Ini sudah menjadi keputusan FIFA dan AFC. Sejak setahun lebih, kami menjalani pemusatan latihan dan uji coba internasional," kata Bima Sakti dinukil dari laman PSSI.

2 dari 3 halaman

Peluang Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Satu hingga dua tahun lagi, mayoritas penghuni Timnas Indonesia U-16 diyakini akan promosi ke timnas U-19. Artinya, para pemain berkesempatan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

FIFA telah membatalkan Piala Dunia U-20 2021 dan menetapkan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen itu pada 2023.

"Saya yakin, ada manfaatnya pada kemudian hari nanti. Tim ini punya prospek yang bagus dan masa depan yang cerah untuk timnas kelompok usia selanjutnya," jelas Bima Sakti.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer