Sukses


Kapten PSM Memaklumi Pembatalan Shopee Liga 1 2020, Berharap Musim Baru Segera Bergulir

Bola.com, Makassar - Kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur merespons positif keputusan PSSI membatalkan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

Menurut eks bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 ini, langkah ini memberikan kepastian kepada klub dan pemain yang sudah lama menunggu.

"Sekarang lebih baik PSSI fokus ke masalah perizinan kompetisi," ujar Zulkifli kepada Bola.com, Kamis (21/1/2020) malam.

Menurut Zulkifli, penghentian kompetisi akibat tak turunnya izin dari kepolisian dengan alasan wabah Pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda sangat berdampak kepada pemain. Baik secara teknis dan penghasilan.

"Setahun tak berkompetisi jelas berdampak besar terhadap kualitas teknik pemain. Belum lagi penghasilan yang jauh menurun karena minimnya pemasukan dari sepak bola," tutur Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, selama penghentian kompetisi, ia bersama rekan-rekannya melakukan berbagai cara untuk menyiasai situasi sulit ini, di antaranya melakukan penghematan yang ketat, membuka usaha kecil-kecilan dan ada juga bermain pada turnamen antarkampung.

"Apa yang kami lakukan hanya solusi jangka pendek. Yang kami butuhkan saat ini adalah berkompetisi demi sepak bola Indonesia juga."

Untuk menjaga kondisi, Zulkifli Syukur secara rutin berlatih bersama dengan pemain klub lainnya yang berasal dari Makassar dengan membentuk tim amatir seperti Katti-Katti FC dan Pagolo Sulawesi. Sesekali mereka menggelar uji coba internal dan laga amal.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Duduk Bersama

Sebagai pemain, Zulkifli Syukur berharap PSSI dan Menpora lebih aktif untuk duduk bersama membicarakan nasib kompetisi Indonesia. Juga intens berkomunikasi dengan pihak kepolisian terkait sejumlah persyaratan yang bisa melancarkan keluarnya izin kompetisi.

"Kalau para penentu kebijaksanaan atau yang berwenang sayang dengan pemain, tolong segerakan kompetisi bergulir. Ini juga sesuai dengan sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tegas Zulkifli.

Zulkifli pun tak mempermasalahkan soal jadwal Liga 1 2021. Apakah pada bulan Maret, sesuai usulan sejumlah klub atau sehabis lebaran yang dinilai sebagai waktu yang pas buat kompetisi musim baru.

"Intinya, kami ingin kepastian dan kompetisi kembali bergulir. Kami sudah hampir setahun tidak berkompetisi. Apalagi banyak lapangan sepak bola yang tutup," pungkas Zulikifli.

Video Populer

Foto Populer