Sukses


Mengklaim Perekrutan Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners FC Langsung Bernuansa Indonesia

Bola.com, Ansan - Klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners FC, membuat kejutan dengan pengumuman perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar pada Jumat (22/1/2021). Ansan Greeners FC menyebut memberikan kontrak berdurasi satu tahun kepada bek PSM Makassar itu.

Keberhasilan perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar itu diungkapkan langsung oleh Presiden Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong. Bahkan, Ansan Greeners FC telah menyiapkan opsi perpanjangan setahun jika Asnawi Mangkualam mampu tampil gemilang di K-League 2 2021.

"Pada 19 Januari 2021 kami memutuskan untuk mengontrak bek Timnas Indonesia, yakni Asnawi Mangkualam Bahar. Dia dikontrak dengan durasi satu tahun dengan opsi perpanjangan setahun," kata Joo Chan-yong seperti dikutip KBS.

Setelah pengumuman itu membuat heboh publik Indonesia, Ansan Greeners FC kemudian berubah menjadi nuansa Merah Putih. Contohnya di akun Instagram resmi klub yang mengunggah bendera Indonesia dan dipadukan tulisan 'Selamat Datang! (di) Ansan Greeners FC'.

Kemudian, Ansan Greeners FC juga mengunggah postingan ucapan selamat untuk follower-nya di Instagram dengan menggunakan dua bahasa yakni Korea, Inggris, dan Indonesia.

"Melebihi 10.000 pengikut Instagram! terima kasih," tulis Ansan Greeners FC.

Tak bisa dimungkiri, pengumuman perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar berdampat signifikan pada jumlah followers Ansan Greeners FC yang diserbu masyarakat Indonesia. Jika benar bergabung bersama Ansan Greeners FC, Asnawi mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di klub Korea Selatan.

2 dari 3 halaman

Dibantah PSM

PSM Makassar membantah kabar perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar oleh klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners FC. Bantahan ini cukup wajar mengingat Asnawi masih terikat kontrak sampai 2021 di PSM.

Melalui media officer klub, Sulaiman Karim, PSM dengan tegas membantah kabar yang beredar luas di Korea Selatan dan Indonesia itu. Sulaiman Karim menyebut, kabar tersebut bukan informasi resmi.

"Masih sebatas rumor, bukan informasi resmi. Setelah kami telusuri, rumor ini berkembang pertama kali lewat media online di Korea Selatan. Jadi sejauh ini, kami belum bisa memberikan konfirmasi apapun," ujar Sulaiman Karim, Jumat (22/1/2021) malam.

Namun, PSM Makassar mengaku akan mendukung pemainnya jika memang kabar ketertarikan dari Ansan Greeners itu benar. Hanya saja, PSM sebagai pemilik dari Asnawi memilih untuk menunggu hingga ada komunikasi resmi dari klub Korea Selatan itu.

"Ini adalah sesuatu yang bagus, karena pemain muda asli produk PSM Makassar dan bisa dikaitkan sebagai ikon PSM, dikait-kaitkan dengan klub luar negeri," ujar Sulaiman Karim.

"Kalau ada peluang untuk pengembangan karier pemain, ya itu bagus. PSM mendukung perkembangan pemain muda yang berkarier, terutama untuk bermain di luar negeri. Apalagi dengan kondisi sepak bola dalam negeri yang belum pasti," lanjut media officer PSM Makassar itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer