Sukses


Asisten Shin Tae-yong Mendukung Asnawi Mangkualam Melanjutkan Karier di Korea Selatan

Bola.com, Jakarta - Pelatih fisik Timnas Indonesia, Lee Jae-hong, menyambut antusias perekrutan Asnawi Mangkualam yang kabarnya dilakukan klub kasta kedua Korea Korea Selatan, Ansan Greeners FC. Asisten Shin Tae-yong itu berharap Asnawi bisa sukses di kompetisi Korea Selatan.

Nama Asnawi Mangkualam mendadak menjadi topik pembicaraan masyarakat Indonesia sejak Jumat (22/1/2021). Hal itu terjadi setelah Ansan Greeners FC mengonfirmasi keberhasilan dalam mengamankan jasa Asnawi.

Klub yang bermain di K-League 2 itu juga menyebut telah memberikan kontrak berdurasi satu tahun dengan opsi perpanjangan setahun. Lee Jae-hong bangga dengan perekrutan Asnawi yang diprediksi bakal makin berkembang bersama Ansan Greeners FC.

"Kepindahan pertama dari Indonesia ke K-League. Semoga dia bisa beradaptasi dengan baik di liga profesional Korea yang begitu eksplosif selama pertandingan," tulis Lee Jae-hong dalam akun Instagramnya.

Selama di Ansan Greeners FC, Asnawi Mangkualam akan bermain di bawah asuhan pelatih Kim Gil-sik yang merupakan legenda Timnas Korea Selatan. Lee Jae-hong yakin Asnawi Mangkualam bakal cocok dengan metode pelatihan pelatih Kim Gil-sik.

"Pelatih kepala Ansan adalah Kim yang merupakan pelatih yang sangat bagus. Kami pernah bekerja sama pada 2014 di Piala AFC U-16. Saat itu, dia adalah asisten pelatih," tegas Lee Jae-hong.

2 dari 3 halaman

Dibantah PSM

Meskipun Ansan Greeners FC sudah terang-terangan dalam perekrutan Asnawi Mangkualam, namun PSM Makassar membantah adanya kepindahan tersebut. Melalui media officer klub, Sulaiman Karim, PSM dengan tegas membantah kabar yang beredar luas di Korea Selatan dan Indonesia itu.

Sulaiman Karim menyebut, kabar tersebut bukan informasi resmi. Bantahan ini cukup beralasan mengingat Asnawi masih terikat kontrak sampai 2021 di PSM.

"Masih sebatas rumor, bukan informasi resmi. Setelah kami telusuri, rumor ini berkembang pertama kali lewat media online di Korea Selatan. Jadi sejauh ini, kami belum bisa memberikan konfirmasi apapun," ujar Sulaiman Karim, Jumat (22/1/2021) malam.

Namun, PSM Makassar mengaku akan mendukung pemainnya jika memang kabar ketertarikan dari Ansan Greeners itu benar. Hanya saja, PSM sebagai pemilik dari Asnawi memilih untuk menunggu hingga ada komunikasi resmi dari klub Korea Selatan itu.

"Ini adalah sesuatu yang bagus, karena pemain muda asli produk PSM Makassar dan bisa dikaitkan sebagai ikon PSM, dikait-kaitkan dengan klub luar negeri," ujar Sulaiman Karim.

"Kalau ada peluang untuk pengembangan karier pemain, ya itu bagus. PSM mendukung perkembangan pemain muda yang berkarier, terutama untuk bermain di luar negeri. Apalagi dengan kondisi sepak bola dalam negeri yang belum pasti," lanjut media officer PSM Makassar itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer