Sukses


PSSI Keluarkan SK Pembatalan Liga 1 2020, Ini Isi 5 Poin di Suratnya

Bola.com, Jakarta - Enam hari setelah mengumumkan pembatalan Liga 1 2020, Surat Keputusan (SK) dari PSSI baru terbit. Kesimpulan isinya adalah menghentikan kompetisi musim lalu yang disebabkan oleh keadaan kahar alias force majeure akibat pandemi COVID-19.

PSSI mengeluarkan SK pembatalan Liga 1 2020 tersebut pada Selasa (26/1/2021). Surat itu telah dikirimkan kepada seluruh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), peserta Liga 1 dan Liga 2 202, Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Pada 20 Januari 2021 di rapat Exco, PSSI memutuskan untuk tidak jadi melanjutkan Liga 1 2020 yang rencananya akan digulirkan pada Februari 2021. Keputusan ini diambil juga karena dilatarbelakangi hasil owner’s meeting PT LIB dengan kontestan Liga 1 dan Liga 2 2020 pada lima hari sebelumnya.

"Surat Keputusan ini menetapkan penghentian kompetisi 2020 yang disebabkan keadaan kahar terkait pandemi COVID-19. Liga 1 2020 ditetapkan tanpa juara, tanpa promosi, dan degradasi," ucap Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dinukil dari laman PSSI.

"Untuk kontrak klub dengan pihak terkait, di antaranya pemain, pelatih, dan ofisial, mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub dengan pihak terkait. Atau juga melakukan negosiasi ulang sehingga tercapai kesepakatan bersama," tutur pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Setelah membatalkan Liga 1 2020, PSSI justru belum dapat memastikan kejelasan kompetisi musim depan. PSSI tidak pernah menyinggung masa depan kompetisi 2021 sejauh ini.

PSSI juga tidak kunjung mendapatkan izin dari kepolisian untuk menggelar kompetisi. Kondisi ini diyakini menjadi faktor terbesar mengapa PSSI sampai membatalkan kompetisi musim lalu.

Di dunia maya, beredar lima poin dari SK PSSI terkait pembatalan kompetisi musim lalu. Berikut isi lengkapnya:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

SK PSSI tentang Pembatalan Liga 1 2020

Surat Keputusan Nomor: 05/SKEP/1-2021 tentang Penghentian Kompetisi 2020

Memutuskan

Menetapkan: Surat Keputusan PSSI tentang Penghentian Kompetisi 2020

  • Pertama: Menetapkan penghentian kompetisi 2020 dikarenakan keadaan kahar atau force majeure terkait dengan pandemi COVID-19.
  • Kedua: Merujuk keputusan pertama, kompetisi 2020 ditetapkan tanpa juara, tanpa promosi, dan tanpa degradasi.
  • Ketiga: Klub peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 adalah peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021.
  • Keempat: Kontrak klub dengan pihak terkait mencakup pemain, pelatih, dan ofisial mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub dengan pihak terkait atau melakukan negosiasi ulang sehingga tercapai kesepakatan bersama.
  • Kelima: Hal-hal yang belum termasuk dalam SK ini tentang penghentian kompetisi 2020 akan diatur kemudian dalam ketentuan terpisah.

Video Populer

Foto Populer