Sukses


Filosofi Muly Munial, CEO Munial Sport Group: Menjadi Agen Pemain Bukan Hanya Pekerjaan tapi Juga Ibadah

Bola.com, Jakarta - Agen sepak bola terkenal hanya membantu pemain menemukan tim. Sosok agen umumnya terlibat dalam negosiasi kontrak sampai akhirnya tercipta hitam di atas putih antara pemain dan tim.

Tapi Muly Munial, CEO Munial Sport Group selaku agen pemain papan atas di Indonesia punya cara berbeda dalam menangani pemain yang berada di bawah naungan mereka.

Saah satunya saat pandemi COVID-19 di mana kompetisi sepak bola Indonesia terhenti, Muly Munial masih menggelar sesi latihan rutin untuk para pemainnya. Bukan hanya sekadar latihan, ia juga menjaga kesehatan pemain sampai menyediakan pelatih gim dan fisioterapi.

"Alhamdulillah, ini merupakan totalitas dalam bisnis. Pemain itu aset, harus kita jaga. Seperti mobil, kalau disimpan lama-lama di garasi saja bakal rusak. Ini bagian dari pekerjaan dan ibadah," kata Muly Munial saat diwawancara eks pemain Timnas Indonesia, Firman Utina di channel Youtube, Firmanutina1515 official.

"Begini kita latih keras selama tiga bulan, lalu satu bulan hilang (kompetisi tidak) bakal percuma. Itulah ketimbang komplain (ke penyelenggara kompetisi), kita berusaha maksimal," lanjutnya.

Ya, buat Muly Munial menjadi agen pemain itu bukan hanya soal pekerjaan tapi juga ibadah. Sehingga investasi yang ia keluarkan menjadi bagian kesekian di dalam pikirannya. 

Muly Munial pun selalu menekankan kepada semua pemain di bawah naungan Munial Sport Group bahwa ibarat atletik, karier sepak bola itu bukan lari jarak pendek melainkan jarak panjang.

Apalagi ia turut senang jika melihat ada pemain di bawah naungannya bisa sukses. "Dari pemain yang awalnya bawa koper, datang ke saya tinggal ramai-ramai tapi bisa perlahan bisa sewa kos, beli rumah sendiri sampai bahagiakan orang tua," Muly Munial menuturkan.

"Jika melihat pemain seperti itu, saya juga bangga. Buat saya pribadi, rezeki selalu ada saja untuk anak-anak ini," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Saran untuk Pemain Muda

Muly Munial pun memiliki saran untuk para pemain muda yang berkarier di sepak bola. Menurutnya seorang pesepakbola harus memiliki komitmen, terus berlatih memperbaiki diri dan karakter kuat.

"Intinya begini ya, kalian kerja keras ada yang kerja lebih keras lagi. Kalian pemain bagus tapi ada pemain yang lebih bagus lagi," kata Muly Munial.

"Kesimpulannya kalian harus haus (untuk terus berkembang). Kalau kalian mulai merasa puas atau merasa sudah menjadi bintang, kalian bakal habis," lanjutnya.

Nama-nama pemain besar Timnas Indonesia seperti Firman Utina, Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, sampai yang masih aktif seperti Andik Vermansyah tercatat pernah bekerja sama dengan Muly Munial.

 

Sumber: Youtube firmanutina1515 official

Video Populer

Foto Populer