Sukses


5 Pemain Naturalisasi Indonesia dengan Rekam Jejak Mentereng di Klub Eropa

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 35 pemain asing telah mendapatkan status naturalisasi Indonesia sampai Februari 2021. Para pemain yang mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) itu berasal dari banyak negara, mulai Eropa hingga Afrika.

Para pemain yang memperoleh status naturalisasi biasanya diprioritaskan memiliki darah keturunan Indonesia. Namun, ada pula yang dilakukan karena pengajuan serta keinginan besar menjadi WNI setelah lama berdiam diri di Indonesia.

Program naturalisasi semula dicanangkan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia agar bisa meraih prestasi. Belakangan, program itu seakan dilakukan sebagai bentuk akal-akalan klub agar mendapat pemain tambahan dari kuota asing.

Hal itulah yang membuat pada pemain naturalisasi Indonesia memiliki kualitas dan latar belakang beragam. Ada yang pernah berkarier di klub elite, hingga klub antah berantah di luar negeri.

Untuk pemain yang pernah bermain di klub elite, pengalamannya tak perlu diragukan. Ada yang pernah membela klub kasta tertinggi Georgia hingga tampil gemilang bersama klub Eredivisie Belanda.

Bola.com mencatat ada lima pemain naturaliasi Indonesia yang punya rekam jejak karier gemilang bersama klub elite Eropa. Mereka ada yang pernah mencetak banyak gol hingga mempersembahkan gelar liga. Siapa saja?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Diego Michiels

Diego Michiels tercatat punya pengalaman bermain di Go Ahead Eagles. Karier itu ditorehkan Diego rentang 2009-2011.

Selama bermain untuk Go Ahead Eagles, Diego Michiels tercatat tampil sebanyak 17 kali. Namun, Go Ahead Eagles hanya menjadi satu-satunya klub Eropa yang dibela sang pemain.

Setelah itu, Diego Michiels hijrah dan berkarier di Indonesia. Saat ini, Diego bermain untuk Borneo FC, klub yang sudah dibelanya sejak 2016.

3 dari 6 halaman

Marc Klok

Marc Klok pernah malang melintang di sejumlah klub elite Eropa. Pemain naturalisasi Indonesia itu tercatat pernah bermain di klub elite Skotlandia, Ross County dan Dundee, kemudian tim papan atas Bulgaria, Cherno More Vama.

Pencapaian terbaik Marc Klok terjadi saat membela Cherno More Vama rentang 2014-2016. Marc Klok ketika itu sukses mencatatkan 37 penampilan di Cherno. 

Adapun pengalaman bermain di Skotlandia milik Klok tak berjalan mulus. Klok tercatat tampil enam kali bersama Ross County di Liga Primer Skotlandia dan dua kali bersama Dundee.

4 dari 6 halaman

Raphael Maitimo

Raphael Maitimo memiliki perjalanan karier gemilang bersama klub Eropa. Hal itu diraih Raphael Maitimo saat berseragam Feyenoord pada 2005 sampai 2008.

Ketika itu, Raphael Maitimo tampil di tim reguler Feyenoord yang bermain di Eredivisie. Maitimo sukses mencetak 18 gol dalam 45 pertandingan.

Pencapaian yang cukup luar biasa buat pemain dengan darah Indonesia. Namun, Feyenoord tercatat hanya satu-satunya klub elite Eropa yang pernah dibela Raphael Maitimo.

5 dari 6 halaman

Jhon van Beukering

Jhon van Beukering pernah memiliki karier yang cukup oke bersama klub Eropa. Pencapaian itu diraih Jhon van Beukering bersama Vitesse, De Graafschap, NEC, hingga Feyenoord.

Jhon van Beukering tampil gemilang bersama para klub Belanda itu. Jika ditotal, Jhon van Beukering sukses mencetak 32 gol di Eredivisie.

Penampilan paling impresif Jhon van Beukering terjadi saat membela NEC pada 2007 hingga 2009. Ketika itu, dalam 47 pertandingan, pemain naturalisasi Indonesia tersebut sukses mencetak 15 gol.

6 dari 6 halaman

Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic bisa disebut sebagai pemain naturalisasi Indonesia tersukses yang pernah bermain di klub Eropa. Ilija Spasojevic tercatat pernah meraih gelar juara dan mencetak banyak gol.

Pencapaian apik itu ditorehkan Ilija Spasojevic saat membela Dinamo Tbilisi rentang 2007 sampai 2009. Bersama klub asal Georgia itu, Spasojevic sukses mencetak 23 gol dalam 57 pertandingan.

Tak hanya itu, Ilija Spasojevic berhasil mempersembahkan tiga gelar untuk Dinamo Tbilisi. Contohnya Liga Georgia 2007-2008, Piala Georgia 2009, dan Piala Super Georgia 2008.

Video Populer

Foto Populer