Sukses


Sempat Alami Culture Shock, Ezra Walian Mulai Menikmati Kariernya di Indonesia bersama PSM

Bola.com, Amsterdam - Penyerang PSM Makassar, Ezra Walian, mengaku sempat mengalami culture shock (gegar budaya) pada awal-awal kariernya di Indonesia. Namun kini, Ezra mulai menikmati atmosfer sepak bola di Indonesia.

Ezra Walian memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Indonesia pada September 2019 dengan bergabung bersama PSM Makassar. Ezra menandatangani kontrak jangka panjang sampai September 2022.

Pada musim perdana di PSM, Ezra bermain sebanyak 16 pertandingan di Shopee Liga 1. Namun, pemain berusia 23 tahun itu hanya mampu mencetak tiga gol.

Memasuki musim baru, Ezra lebih sering bermain sebagai starter di PSM. Namun, pandemi COVID-19 membuat kompetisi dihentikan hingga akhirnya dibatalkan.

"Tentu saja sangat berbeda antara sepak bola Belanda dan Indonesia. Gaya bermainnya berbeda, orangnya berbeda, dan levelnya sedikit di bawah Belanda," kata Ezra Walian seperti dikutip Ajax Showtime, Senin (8/2/2021).

"Ketika pertama kali bergabung, tentu saya mengalami culture shock. Akan tetapi, saya memiliki ikatan dengan negeri ini. Sepak bola di sini sangat luar biasa, bisa dibilang tidak normal. Terkadang saya terkesima bermain di stadion yang dipadati 40-50 ribu penonton," ucap Ezra Walian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Masyarakat Gila Bola

Ezra Walian juga bercerita dengan karakter masyarakat Indonesia yang gila bola. Hal itulah yang membuatnya gampang menjadi terkenal sejak berseragam PSM Makassar.

Bahkan, Ezra mengaku mendapatkan dukungan dari para suporter untuk mencapai karier yang lebih baik lagi. Satu di antaranya dengan kembali bermain di Eropa.

"Mereka sangat gila bola. Semua orang akan mengenali Anda ketika sedang berada di jalan. Bahkan, di pelosok negeri ini semuanya juga membicarakan sepak bola," ucap Ezra.

"Suporter juga memberikan dukungan yang terbaik untuk saya. Mereka mendukung saya untuk kembali bermain di Eropa lagi," ujar Ezra.

Video Populer

Foto Populer