Sukses


Persela Berharap PSSI Segera Kantongi Izin Polri untuk Liga 1 2021

Bola.com, Lamongan - Publik sepak bola nasional sempat dibuat gembira dengan pertemuan yang dilakukan Menpora Zainuddin Amali dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Senin (8/2/2021). Pertemuan ini disinyalir bakal memudahkan izin kepolisian untuk menyelenggarakan Liga 1 2021.

Klub-klub kontestan Liga 1 memilih skeptis dengan kabar yang mengatakan Polri akan memberikan izin untuk menggelar kompetisi. Alasannya sampai saat ini belum ada pernyataan tertulis bahwa Polri telah memberikan izin kepada PSSI dan PT LIB untuk menggelar kompetisi.

Pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar, masih menunggu kepastian keluarnya izin digelarnya Liga 1 2021. Dia lebih memilih menunggu keluarnya izin resmi. Situasi seperti ini sudah kerap terjadi dan ujung-ujungnya PSSI dan PT LIB tetap gagal menggelar kompetisi lagi.

"Semua itu sekarang masih wacana. Saya sebagai pelatih, atau siapapun pelatihnya, yang penting kami ingin kepastian. Artinya dengan adanya sinyal positif dari kepolisian untuk memberikan izin, semoga bisa tercapai," ungkap Nilmaizar.

Jangankan izin dari Polri, jadwal kompetisi pun hingga saat ini tidak jelas. Hanya sempat muncul wacana bahwa Liga 1 2021 digelar setelah Hari Raya Idulfitri. Kabar lain juga dihembuskan bahwa PT LIB sedang menyiapkan turnamen pramusim.

PSSI dan PT LIB juga belum membahas mengenai prosedur dan regulasi yang bakal mereka jalankan selama digelarnya kompetisi di tengah pandemi COVID-19. Hal ini sebenarnya sudah terjadi ketika mereka hendak melanjutkan Liga 1 2020 pada Oktober lalu.

"Tentu dari federasi itu mengeluarkan keputusan, apa metodenya ke depan. Misalnya, pramusim kapan? Regulasinya seperti apa? Jadwal dan formatnya seperti apa?" ujar pelatih asal Sumatra Barat itu.

"Kalau sudah ada kepastian, kami punya kejelasan apa yang harus dilakukan oleh pemain, apa yang harus dilakukan oleh klub, dan apa yang harus dilakukan oleh pelatih. Harus dipersiapkan sejak awal, sehingga bisa melakukan persiapan," imbuh pelatih Persela Lamongan itu.

Video

2 dari 2 halaman

Persela Menunggu

Sejauh ini, Persela Lamongan bertindak seperti kontestan lain. Mereka tidak mau terburu-buru dalam merekrut pemain. Sebab, ketentuan yang mengatur penyelenggaraan kompetisi, bahkan turnamen pramusim yang kabarnya digelar Maret pun belum muncul.

Manajer Persela, Edy Yunan Achmadi, sependapat dengan Nilmaizar. Dia berharap PSSI dan PT LIB melakukan persiapan matang untuk menghadapi musim baru, terutama soal izin dari Polri yang telah menjadi masalah sejak lama.

“PSSI dan PT LIB hendaknya fokus mendapatkan rekomendasi perizinan dari pihak-pihak terkait, baik dari kepolisian, BNPB, dan pihak yang selama ini mengeluarkan rekomendasi. Sehingga ketika menetapkan jadwal pelaksanaan Liga 1 2021 tidak terkendala dan tidak terjadi penundaan seperti yang sebelumnya,” ucapnya.

Video Populer

Foto Populer