Sukses


Tak Hanya Indonesia, Asnawi Mangkualam Bawa Nama Asia Tenggara di Ansan Greeners FC

Bola.com, Ansan - Pelatih Ansan Greeners FC, Kim Gil-sik, berharap Asnawi Mangkualam bisa menunjukkan penampilan terbaik dan tidak mengecewakan dalam kariernya di Korea Selatan. Menurut Kim Gil-sik, karier Asnawi Mangkualam di Korea Selatan tak hanya mempertaruhkan nama baik Indonesia, melainkan Asia Tenggara secara keseluruhan.

Asnawi Mangkualam akan mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di Korea Selatan saat diperkenalkan oleh Ansan Greeners FC. Predikat itu menjadi dua sisi yang harus dihadapi Asnawi Mangkualam.

Pencapaian itu tentu saja menjadi kebanggaan buat Asnawi Mangkualam. Namun, di sisi lainnya karier Asnawi Mangkualam di Korea Selatan bakal menjadi barometer kemampuan para pemain Asia Tenggara yang selama ini dikenal Kim Gil-sik mulai bisa diperhitungkan.

"Secara pribadi, saya menginginkan Asnawi mematahkan stigma negatif tentang sepak bola Asia Tenggara. Sebab, sudut pandang saya telah berubah sejak beberapa tahun terakhir setelah menghadapi timnas kelompok umur asal ASEAN," kata Kim Gil-sik seperti dikutip Sportal Korea, Sabtu (13/2/2021).

"Pada masa lalu, selisih tiga sampai empat gol menjadi hal yang lumrah. Akan tetapi, K-League sekarang bisa menjadi tempat impian buat pemain Asia Tenggara. Jika Asnawi meperlihatkan penampilan yang bagus, sepak bola Asia Tengara akan diakui pada masa mendatang," tegas Kim Gil-sik.

Asnawi Mangkualam saat ini sedang berusaha menyelesaikan masa karantina di Korea Selatan. Rencananya, pemain berusia 21 tahun itu bakal diperkenalkan sebagai pemain anyar Ansan Greeners FC pada akhir Februari 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Berpeluang Debut

Asnawi Mangkualam kabarnya bakal diperkenalkan pada 24 Februari 2021. Perkenalan Asnawi Mangkualam sebagai pemain anyar Ansan Greeners FC akan dilakukan secara online karena situasi Korea Selatan yang masih darurat COVID-19.

K-League 2 2021 menggelar pekan pertama pada 27 Februari 2021. Pada pertandingan pembuka, Ansan Greeners FC akan menjamu GimCheon Sangmu di Ansan Wa Stadium.

Laga ini berpeluang menjadi laga debut Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners FC. Asnawi tentu saja bakal mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di kompetisi elite Korea Selatan.

Sumber: Sportal Korea

Video Populer

Foto Populer