Sukses


Memori Asnawi Mangkualam, Sosok Jaino Matos dan Rekor Pencetak Gol Termuda

Bola.com, Jakarta - Asnawi Mangkualam selama ini dikenal sebagai pemain yang kerap menjadi andalan Timnas Indonesia, mulai dari kategori usia U-19 sampai U-23. Namanya pun lekat dengan PSM Makassar yang merupakan klub daerah asalnya. Namun, ada klub lain yang juga punya peran penting bagi karier Asnawi, yaitu Persiba Balikpapan.

Tepatnya pada musim 2016, di mana ketika itu kompetisi kasta tertinggi Indonesia bernama Indonesia Soccer Championship 2016, Asnawi Mangkualam bermain bersama Persiba Balikapan mulai dari paruh kedua. Bahkan Asnawi memiliki kenangan manis bersama tim berjulukan Beruang Madu itu.

Ia mengaku sangat senang ketika bergabung bersama Persiba Balikpapan. Datang sebagai pemain muda di tengah kompetisi, Asnawi Mangkualam langsung mendapatkan kepercayaan dari sang pelatih kala itu, Jaino Matos, untuk masuk dalam tim utama.

"Memang peran penting Coach Jaino Matos pada saat itu. Tidak banyak pelatih mau memberikan kepercayaan kepada seorang pemain yang baru berusia 17 tahun," kisah Asnawi Mangkualam dalam program Ruang Ganti di channel youtube Garuda Nusantara.

"Ketika itu saya masih berusia 17 tahun dan langsung dipercaya untuk masuk dalam starting eleven Persiba. Saya bersyukur mendapat pelatih yang bisa memberikan kepercayaan kepada saya di level profesional ketika saya masih berusia 17 tahun," lanjutnya.

Performa apik Asnawi Mangkualam pada musim 2016 itu yang kemudian membuatnya dilirik oleh PSM Makassar. Ia pun bergabung bersama PSM pada musim 2017 hingga 2020, di mana kini ia memutuskan untuk melanjutkan karier di Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC.

Video

2 dari 2 halaman

Rekor Pencetak Gol Termuda

Tidak hanya memulai karier profesional dengan baik bersama Persiba Balikpapan, Asnawi Mangkualam pernah menorehkan rekor bersama tim Beruang Madu. Rekor itu adalah pencetak gol termuda di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, di mana catatan itu masih bertahan hingga saat ini.

Kala itu Persiba Balikapapan bertandang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, markas Bali United pada 9 Oktober 2016. Persiba pun menang 2-1 dalam pertandingan tersebut.

Gol pertama Persiba dicetak oleh Asnawi Mangkualam ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Gol itu yang kemudian membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak gol di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, di mana saat itu usianya baru 17 tahun 5 hari.

"Ya gol itu ketika melawan Bali United, itu juga merupakan pertandingan pertama saya sebagai starter di Persiba. Kalau debut bersama Persiba sudah saya dapatkan ketika menghadapi Persib, di mana saya bermain di babak kedua. Kemudian ketika bertandang ke Bali, saya main sebagai starter dan berhasil mencetak gol itu," kenang Asnawi.

Sumber: Youtube Garuda Nusantara

Video Populer

Foto Populer