Sukses


Respons PSSI Setelah Ikatan Dokter Indonesia Mengkritik Penyelenggaraan Piala Menpora 2021

Bola.com, Jakarta - PSSI buka suara terkait kritikan yang dialamatkan kepada penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang dilontarkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, meminta IDI juga memikirkan nasib para insan yang terlibat di dunia sepak bola karena sudah hampir setahun tak memiliki kegiatan.

IDI memberikan kritik terkait penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang bakal digelar pada 21 Maret sampai 25 April mendatang. Menurut IDI, kegiatan ini tidak sejalan dengan misi penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Jawa-Bali.

Piala Menpora 2021 disebut IDI juga berpotensi menimbulkan kerumunan. Yunus Nusi menyebut PSSI menghargai kekhawatiran dari IDI, tapi di sisi lain mereka juga diminta untuk memikirkan aspek lain untuk pihak yang hidup dari sepak bola.

"PSSI menghargai dan menghormati apa yang menjadi kekhawatiran IDI. Namun, PSSI harus menghargai masa depan pemain, pelatih, beserta keluarganya yang sebagian besar menggantungkan hidup dan rejekinya di sepak bola," kata Yunus Nusi.

PSSI menjamin Piala Menpora 2021 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu sudah diawali dengan turnamen yang digelar tertutup sehingga tak ada mobilitas suporter dalam stadion.

"Kami akan selalu berusaha untuk tetap menjaga protokol kesehatan," tegas Yunus Nusi.

Piala Menpora 2021 akan diikuti 18 klub yang berasal dari Liga 1. Turnamen bertajuk pramusim ini digelar sebagai persiapan untuk tampil di Liga 1 2021.

2 dari 3 halaman

Tolok Ukur

Piala Menpora 2021 digelar di empat kota di Indonesia. Penempatan daerah akan disesuaikan dengan asal klub untuk meminimalkan pergerakan tim.

Piala Menpora juga bakal menjadi tolok ukur bagi kepolisian untuk mengizinkan perhelatan Liga 1. Artinya, Piala Menpora bakal menjadi simulasi dari penerapan protokol kesehatan yang ketat pada pertandingan sepak bola.

Nasib Liga 1 akan ditentukan dari keberhasilan Piala Menpora 2021. Turnamen pramusim ini diharapkan bisa memenuhi segala persyaratan yang diinginkan Polri agar Liga 1 bisa bergulir pada pertengahan tahun ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

3 Gol Terbaik Semifinal Piala Menpora 2021, Sundulan Maut Ezra Walian

Video Populer

Foto Populer