Sukses


PSIS Siap Beraksi di Piala Menpora 2021: Arena untuk Mengembangkan Pemain Muda

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang menatap turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dengan nuansa yang berbeda. Bakal banyak pemain muda yang akan tampil bersama Laskar Mahesa Jenar selama turnamen pramusim tersebut digelar.

PSIS Semarang tergabung dalam Grup A bersama Arema FC, Tira Persikabo, dan Barito Putera. Keempat tim tersebut bakal tampil di Stadion Manahan, Solo, yang membuat PSIS cukup diuntungkan karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Semarang.

Skuat muda PSIS bakal lebih dimaksimalkan dalam ajang Piala Menpora. Deretan pemain dengan usia yang masih muda banyak menghiasi PSIS, seperti Alfeandra Dewangga, Kartika Vedhayanto, Adhitya Jorry Guruh, Pratama Arhan Alif, Bahril Fahreza, dan Yofandani Damai.

Kemudian ada nama lain seperti Eka Febri, M. Ridwan, Tegar Infantrie, dan M. Fadli. Mayoritas dari mereka diorbitkan sendiri oleh PSIS melalui program Elite Pro Academy (EPA) sejak tahun lalu.

Belum lagi pemain yang berada di usia emas juga akan menjadi andalan Laskar Mahesa Jenar, seperti Fredyan Wahyu, Andreas Ado, Wahyu Prasetyo, dan Septian David Maulana.

Para pemain muda itu akan berkolaborasi dengan barisan pemain senior yang sudah lebih dulu menghuni tim pujaan Panser Biru dan Snex itu. Hari Nur Yulianto, Safrudin Tahar, Fandi Eko Utomo, Jandia Eka Putra, dan Joko Ribowo, bisa menjadi mentor bagi pemain-pemain muda.

PSIS juga masih menunggu kedatangan sejumlah legiun asing yang dipastikan tidak berubah dari musim lalu. Adanya keterikatan kontrak membuat PSIS memang tidak perlu berburu legiun asing. Keempat pemain asing yang dimiliki PSIS antara lain Bruno Silva, Jonathan Castillana, Flavio Beck Jr, dan Wallace Costa.

"Dengan bergulirnya turnamen pramusim, kami sekalian mencoba hasil dari bidikan di akademi PSIS. Apalagi banyak yang berkualitas," ujar General Manager PSIS Semarang, Wahyu Winarto.

"Makanya kami akan memadukan pemain senior dan junior dalam turnamen pramusim ini. Setidaknya turnamen ini nantinya menjadi kesempatan untuk melihat kualitas tim," katanya.

 

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Komposisi Tim

Pada Piala Menpora nanti, tidak ada perubahan yang signifikan mengenai komposisi skuat PSIS Semarang. Tren apik yang dilalui pada awal Shopee Liga 1 2020 bisa menjadi pedoman, hanya minus empat pemain asing.

Untuk sementara PSIS memang belum dipimpin langsung oleh pelatih Dragan Djukanovic yang masih berada di Serbia. Meski terpisah jarak, Dragan berkoodinasi dengan asistennya, Imran Nahumarury, untuk hal teknis di strategi permainan.

Mulai dari pos penjaga gawang, secara bergantian saling bisa diturunkan, yakni Jandia Eka Putra dan Joko Ribowo. Empat bek akan dihuni oleh Fredyan Wahyu di kanan, Pratama Arhan Alif di sisi kiri. Serta duet stopper Rio Saputro dan Frendi Saputra bisa saja dicoba.

Tiga posisi gelandang tengah berpeluang ditempati oleh Finky Pasamba, Eka Febri, dan Tegar Infantrie. Sementara tiga barisan depan berpeluang diplot oleh Komarodin, Septian David Maulana, dan ujung tombak Hari Nur Yulianto.

Komposisi tersebut tidak jauh berbeda saat PSIS melakoni tiga laga awal di Shopee Liga 1 2020 dengan bekal dua kemenangan dan sekali kalah. Materi yang tampaknya masih akan tetap dipertahankan PSIS dan menambah jam terbang para pemain mudanya.

 

3 dari 4 halaman

Peluang di Piala Menpora

Dengan mengandalkan pemain lokal yang sebagian masih berusia muda, PSIS Semarang berpeluang menjadi tim yang mengejutkan. Terutama tentang adaptasi di tim yang sudah lama terjaga.

Ketika banyak klub lain membongkar pasang skuad dengan mendatangkan pemain baru, termasuk legiun asing, PSIS justru mencoba untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki seluruh pemain lokal.

Tercatat PSIS melakukan persiapan dua pekan sebelum sepak mula Piala Menpora, waktu yang relatif cukup singkat untuk mengembalikan kondisi fisik maupun mental bertanding para pemainnya.

Dengan tidak ada target muluk-muluk yang dicanangkan manajemen klub, PSIS diyakini akan tampil tanpa beban. Para pemain diberi kesempatan mengeluarkan segala potensi yang dimiliki, tanpa harus dibebani target yang tinggi.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menekankan seluruh pemain PSIS mampu menjadikan turnamen pramusim ini sebagai ajang pemanasan sebelum turun di kompetisi resmi Liga 1.

"Kami juga sudah memulai persiapan dengan mengandalkan pemain lokal untuk menambah jam terbang mereka. Ini menjadi ajang pemanasan setelah setahun vakum. Piala Menpora ini difokuskan untuk pemanasan sebelum kompetisi resmi Liga 1," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain PSIS di Piala Menpora 2021

Kiper: Jandia Eka Putra, Joko Ribowo, Yofandani Damai.

Belakang: Fredyan Wahyu, Rio Saputro, Alfeandra Dewangga, Kartika Vedhayanto, Safrudin Tahar, Soni Setiawan, Rian Ardiansyah, Pratama Arhan, Frendi Saputra.

Tengah: Mahir Radja, Tegar Infantrie, Eka Febri, Aditya Jorry, Finky Pasamba, Aditya Jorry, Fandi Eko Utomo.

Depan: Hari Nur Yulianto, Andreas Ado, Septian David Maulana, Komarodin.

Pelatih: Dragan Djukanovic

Asisten pelatih: Imran Nahumarury

Video Populer

Foto Populer