Sukses


3 Bintang Persebaya yang Patut Diwaspadai PSS Sleman pada Partai Pamungkas Grup C Piala Menpora 2021

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya dijadwalkan melakoni pertandingan terakhir Grup C Piala Menpora 2021 melawan PSS Sleman. Duel itu digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021) malam WIB.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, bakal melakukan rotasi pemain pada laga ini. Keputusan itu dilatarbelakangi oleh status Persebaya yang sudah mengantongi tiket untuk melaju ke perempat final Piala Menpora.

Rotasi juga akan membuat pemain yang menjadi andalan Tim Bajul Ijo dalam tiga laga sebelumnya bisa beristirahat. Ini sekaligus menjadi kesempatan bagi pemain muda Persebaya yang belum diturunkan dalam tiga laga sebelumnya untuk unjuk gigi.

Tercatat, ada 11 nama dalam skuad Persebaya saat ini yang bisa dikategorikan pemain muda berusia di bawah 22 tahun di ajang Piala Menpora 2021.

Mereka adalah Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Zulfikar Akhmad, Dicky Kurniawan, Marselino Ferdinan, Akbar Firmansyah, Hambali Tholib, Ernando Ari Sutaryadi, Mochammad Supriadi, dan Muhammad Kemaluddin.

Dari nama-nama itu, hanya tiga pemain yang belum mendapat kesempatan bertanding, yakni Marselino, Dicky, dan Ernando. Kebetulan, mereka tercatat sebagai tiga pemain termuda dalam skuad Persebaya Surabaya saat ini.

Marselino masih berusia 16 tahun mengingat dia tahun lalu menjadi bintang Timnas Indonesia U-16. Lalu, Dicky juga masih minim pengalaman pada usia 18 tahun, karena selama ini hanya pernah bertanding di Elite Pro Academy.

Adapun Ernando termasuk kiper berkualitas dengan prestasinya menjuarai Piala AFF U-16 2018. Penjaga gawang asal Semarang itu punya kans yang besar untuk menggantikan Satria Tama yang sudah tiga kali bertanding di Grup C.

Rotasi pemain yang akan dilakukan oleh Aji Santoso juga bakal dilakukan pada para pemain lainnya. Nama-nama yang selama ini memulai pertandingan dari bangku cadangan kemungkinan masuk starting eleven Persebaya Surabaya.

Meski berisikan pemain “hijau”, Persebaya diprediksi tetap akan memiliki pemain andalan di masing-masing lini kontra PSS Sleman. Bola.com telah merangkum para pemain yang diprediksi bakal merepotkan PSS pada laga terakhir Grup C Piala Menpora 2021. Simak ulasannya:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Rachmat Irianto

Kapten Persebaya ini termasuk pemain serba bisa yang mampu beroperasi di berbagai posisi. Dia berposisi asli sebagai bek tengah. Namun, pemain yang akrab disapa Rian itu juga pernah dipasang sebagai gelandang bertahan dan bek kiri.

Rian kemungkinan bakal kembali menjadi pemain yang menjaga jantung pertahanan. Kemampuannya dalam berduel, merebut bola, melakukan tekel, intersep, dan clearance sudah tentu menjadi modal penting menghalau serangan lawan.

Ketangguhannya di lini belakang sudah terbukti ketika membela Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Pemain berusia 21 tahun itu mengawalinya sejak Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-22 yang di kedua tim itu dia menjadi kapten tim.

 

3 dari 4 halaman

Hambali Tholib

Posisi gelandang serang di Persebaya selalu diisi pemain asing sejak 2018. Berturut-turut, terdapat Robertino Pugliara, Damian Lizio, Diogo Campos, hingga Makan Konate.

Kini, Persebaya akan menggunakan playmaker lokal karena tak merekrut pemain asing. Di antara stok gelandang serang yang ada, Hambali Tholib diprediksi bakal menjadi sentral permainan Persebaya.

Kemampuannya dalam membagi bola cukup apik meski baru berusia 20 tahun. Hambali bisa memanfaatkan kecerdikannya sebagai pengatur serangan untuk mengoyak pertahanan lawan.

Kapabilitasnya sebagai gelandang serang patut menjadi catatan buat PSS Sleman agar pertahanan tak mudah ditembus.

 

4 dari 4 halaman

Samsul Arif

Persebaya hanya memiliki dua stok striker untuk turnamen Piala Menpora 2021. Mereka adalah Samsul Arif dan Rifaldi Bawuo. Samsul sudah resmi dikontrak, sedangkan Rifaldo masih berstatus pemain trial.

Kans besar untuk menjadi ujung tombak utama mengarah kepada Samsul Arif. Dengan usianya yang sudah mencapai 36 tahun, pemain asli Bojonegoro itu masih tak kehilangan ketajaman dan insting mencetak gol.

Samsul bahkan selalu bersaing dalam daftar pencetak gol Liga 1 sejak 2017 dan kerap menjadi pemain lokal tersubur. Dengan pengalamannya, dia sangat diharapkan menjadi mesin gol andalan tim asal Kota Pahlawan.

Meski kemungkinan tak masuk starting eleven karena rotasi, Samsul Arif diprediksi bakal tetap menjadi pemain yang menyulitkan pemain lawan sebagai pemain pengganti.

Video Populer

Foto Populer