Sukses


Duel Bintang Bali United Vs PSS Sleman di Piala Menpora 2021: Ketajaman Spaso Kontra Pengalaman Irfan Bachdim

Bola.com, Bandung - Laga terakhir perempat final Piala Menpora 2021 menyuguhkan partai yang tak kalah menarik. PSS Sleman menantang tim favorit, Bali United FC di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021) malam WIB.

Di atas kertas, banyak yang memprediksi Bali United bakal mengungguli PSS. Melihat sepak terjang Tim Serdadu Tridatu (julukan Bali United) sebagai juara bertahan Shopee Liga 1 2019.

Kiprah anak asuh Stefano Cugurra itu di ajang Piala Menpora juga cukup apik, meski pun berada di posisi runner-up Grup D. Sementara itu, PSS melaju ke perempat final dengan susah payah, walau akhirnya berstatus sebagai juara Grup C, mengungguli Persebaya Surabaya.

Namun demikian, pertemuan PSS dan Bali United bakal tetap berjalan sengit. Kedua tim sama-sama punya potensi dan skuad mumpuni untuk saling mengalahkan. Kualitas dari sejumlah pemain penting mereka juga dapat berpengaruh besar.

Ada dua pemain dari masing-masing tim yang bakal menjadi kunci dalam pertarungan nanti. Ilija Spasojevic sebagai bintang dan mesin gol Bali United, sementara di PSS ada sosok Irfan Bachdim yang merupakan kunci permainan.

Berikut ini analisis duel antara Ilija Spasojevic dan Irfan Bachdim versi Bola.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Naluri Spaso

Bomber andalan Bali United itu memang patut diwaspadai oleh barisan pertahanan PSS. Spaso selalu menjadi pilihan utama Tim Serdadu Tridatu sebagai pemain nomor 9. Berkat perannya sebagai juru gedor, Bali United berhasil menjuarai Liga 1 2019.

Predator di kotak penalti pantas disematkan untuknya, karena striker naturalisasi itu ditunjang kemampuan sebagai striker mematikan. Naluri gol yang begitu tinggi menjadi bekal pemain berdarah Montenegro tersebut.

Persiraja Banda Aceh dan Persita Tangerang sudah merasakan betapa bahayanya pemain satu ini jika dibiarkan di wilayah pertahanan. Ilija Spasojevic mencetak gol cantik ke gawang Persiraja, dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Kemudian ia mencetak gol ke gawang Persita pada partai terakhir fase grup. Meski skor akhir imbang 1-1, Spaso sempat membuka keunggulan lewat tandukan kepala memanfaatkan skema tendangan bebas.

Artinya, baik kedua kaki maupun kepala Spaso sangat tajam untuk membobol gawang musuh. Praktis sang striker akan masuk penjagaan ketat khususnya para bek PSS, jika tak ingin gawangnya terancam.

3 dari 3 halaman

Irfan Bachdim Jadi Kunci

PSS juga tak perlu khawatir jika Bali United punya seorang Spasojevic. Pasalnya, Tim Elang Jawa memiliki pemain yang tak kalah mentereng, yakni Irfan Bachdim.

Pemain blasteran Belanda-Indonesia itu sudah cukup lama malang melintang di sepak bola nasional. Kebintangan dan kualitas seorang Irfan Bachdim belum pudar, dan menjadi satu diantara pemain kunci PSS.

Bachdim sudah menjadi pemain pilar Tim Elang Jawan sejak kompetisi Shopee Liga 1 2020, yang pada akhirnya harus terhenti pandemi COVID-19. Ia menjadi seorang penyerang sayap kiri yang masih berbahaya.

Hingga berlanjut di gelaran Piala Menpora 2021. Irfan Bachdim sudah mencetak satu gol dalam empat pertandingan yang ia mainkan. Golnya cukup krusial meski dari titik putih ke gawang Persebaya, untuk memastikan tiket ke babak delapan besar.

Ia masih memiliki visi bermain yang baik, kelincahan, dan ketenangan ketika mendapat peluang. Seperti biasa, ia bisa berkolaborasi dengan playmaker Nicolas Velez, atau kedua sayap lincah Irfan Jaya dan Irkham Mila.

Selain itu, PSS dapat memanfaatkan sosok Irfan Bachdim sebagai 'agen' Bali United. Pasalnya, ia cukup lama berseragam Tim Serdadu Tridatu. Praktis sedikit banyak ia hafal dengan gaya permainan maupun taktik dari pelatih Stefano Cugurra.

Video Populer

Foto Populer