Sukses


Hadiri Perempat Final Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Menko PMK Dukung Asa Sepak Bola Digelar dengan Penonton

Bola.com, Malang - Ada tamu spesial saat laga perempat final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta kontra Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021). Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, hadir di tribune undangan.

Muhadjir Effendy datang didampingi Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Kehadiran Muhadjir tentu memiliki misi. Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini ingin melihat langsung gelaran Piala Menpora 2021.

"Saya sepakat dengan Menpora untuk memotivasi persepakbolaan Indonesia, karena sudah lama hibernasi. Semoga sepak bola kita segera menemukan bentuk aktivitasnya pada masa pandemi ini," ujar Muhadjir.

Ini menjadi sinyal positif bagi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk melanjutkan turnamen pramusim Piala Menpora dengan penyelenggaraan Liga 1 2021 pada Juni mendatang. Pemerintah Indonesia sudah mendukung sepak bola nasional bergeliat lagi.

Selain itu, Muhadjir juga memberikan asa jika kompetisi Liga 1 nantinya bisa digelar dengan kehadiran penonton di stadion. Namun, ia akan melakukan evaluasi terlebih dulu dengan Kemenpora dan pihak terkait di turnamen pramusim ini.

Piala Menpora memang menjadi uji coba apakah sepak bola Indonesia bisa berjalan di tengah pandemi COVID-19. "Kami menjajaki kemungkinan sepak bola digelar dengan penonton. Dalam waktu dekat, akan ada evaluasi. Tidak bisa dipungkiri, sepak bola tanpa penonton seperti makan sayur tanpa garam," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Asa agar Liga 1 Bisa Digelar dengan Kehadiran Penonton

Sebenarnya klub-klub Liga 1 sudah siap mengarungi kompetisi tanpa penonton, mengingat sepak bola Tanah Air sempat mati suri karena kepolisian tidak memberikan izin. Saat ini, Polri sudah memberikan izin dengan protokol kesehatan yang ketat dan masih tanpa penonton. Tapi, Muhadjir memberikan asa kepada klub untuk bermain di depan pendukungnya.

Ini menjadi kemajuan. Tapi, pastinya pro dan kontra bakal terjadi. Meski kasus virus corona di Indonesia mulai mengalami penurunan dan vaksinasi sudah dilakukan, tapi Muhadjir pasti punya pertimbangan matang. Bagi klub, pertandingan digelar dengan penonton memberikan dua keuntungan. Pertama, memberi gairah kepada para pemain, dan kedua menjadi pemasukan lagi untuk klub dari ticketing.

Namun, tentunya protokol kesehatan jika ada penonton bakal lebih ditingkatkan. Manajemen Arema FC sebagai kontestan Liga 1 sempat iri dengan kompetisi Asia Tenggara yang sudah digelar dengan kehadiran penonton. Meski kuota penonton masih dibatasi, setidaknya ada uji coba yang dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Video Populer

Foto Populer