Sukses


Piala Menpora: Sudirman Akui Riko Simanjuntak Kehilangan Posisi Starter di Persija

Bola.com, Malang - Riko Simanjuntak mulai akrab dengan peran baru sebagai supersub di Piala Menpora 2021. Padahal sebelumnya, winger Persija Jakarta itu merupakan starter yang tidak tergantikan.

Terbaru, Riko dimainkan pada babak kedua ketika Persija Jakarta mengalahkan Barito Putera 1-0 pada babak perempat final Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021).

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, baru sekali memercayai Riko sebagai pemain utama di Piala Menpora. Gelandang sayap berusia 29 tahun itu tiga kali diturunkan dari bangku cadangan.

Persija Jakarta dianggap bermain buruk pada babak pertama melawan Barito Putera karena ketiadaan Riko. Namun, Sudirman menolak asumsi tersebut.

"Kalau dibilang tidak bagus, tidak juga. Sebab pada babak pertama, kami memiliki banyak peluang. Memang, Riko adalah pemain kunci kami," kata Sudirman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Alasan Sudirman

Sudirman menjelaskan tujuan perubahan status Riko di Persija Jakarta selama Piala Menpora. Pemain yang dijuluki Si Kancil ini disebutnya lebih berguna bermain di babak kedua.

"Kami sadar, saya sadar, dan Riko juga sadar, bahwa dia akan lebih bagus jika bermain di babak kedua," tutur Sudirman.

"Riko punya energi dan stamina yang bagus. Jadi saya memainkan Riko di babak kedua untuk membuat pemain belakang Barito Putera kerepotan. Saat Riko masuk, dia akan lebih fresh," imbuhnya.

Selama menjadi supersub, posisi Riko di sayap kanan Persija Jakarta digantikan secara bergantian oleh Heri Susanto dan pemain berusia 18 tahun, Alfriyanto Nico. Nama terakhir lebih sering masuk sebagai starter.

3 dari 3 halaman

Jadwal Persija di Piala Menpora

Babak Semifinal Leg 1 Piala Menpora

15 April 2021

Persija Jakarta Vs PSM Makassar

Stadion Maguwoharjo, Sleman

Kick-off 18.15 WIB

Live Indosiar dan Video

Video Populer

Foto Populer