Sukses


Wiljan Pluim Sudah Tiba di Indonesia, Siap Bela PSM di Piala Menpora 2021?

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dapat kabar gembira dari Wiljam Pluim. Pemain asal Belanda itu memberi kode sudah tiba di Indonesia dan siap membela Juku Eja di Piala Menpora 2021.

Kepastian itu didapat dari unggahan Wiljan Pluim di Instagram. Wiljan Pluim mengunggah foto melalui InstaStory berupa sebuah kamar hotel yang diyakini berada di Indonesia dengan keterangan foto bertuliskan 'karantina'.

Unggahan itu memperkuat kabar Wiljam Pluim bakal memperkuat PSM Makassar. Seperti diketahui, klub asal Sulawesi Selatan itu sukses menembus semifinal Piala Menpora 2021.

Kehadiran Wiljan Pluim diharapkan bakal menambah amunisi di lini tengah PSM. Apalagi tim asuhan Syamsuddin Batola itu bakal kembali berjumpa Persija Jakarta, tim yang pernah dikalahkan pada babak penyisihan grup Piala Menpora 2021.

Namun, apakah benar Pluim bisa bermain menghadapi Persija di semifinal Piala Menpora 2021. Menurut Regulasi Piala Menpora 2021, pasal 17 poin 1, berbunyi:

 

"Klub wajib melakukan pendaftaran Pemain sejumlah tepat 30 pemain melalui sistem pendaftaran online yang disiapkan OC. Namun, tidak ada kewajiban untuk membawa 30 pemain tersebut ke Kota Pertandingan. Jumlah tersebut ditetapkan sesuai dengan rasio kebutuhan pemain secara teknis dan antisipasi kejadian luar biasa terkait COVID-19."

Dengan penegasan poin 3 pada pasal yang sama, berbunyi:

"Hanya ada satu kali Periode Pendaftaran Pemain di sepanjang Turnamen yang dimulai dari 9 Maret 2021 dan berakhir pada 1 hari sebelum pertandingan pertama babak penyisihan grup di dalam grup yang bersangkutan."

Maka Wiljan Pluim hanya bisa bermain di semifinal Piala Menpora jika memang sejak sebelum turnamen manajemen PSM telah mendaftarkannya.

Hal tersebut juga terjadi oleh pemain Persija Jakarta, Rohit Chand, yang tidak mengikuti fase grup Piala Menpora 2021 lantaran tengah memperkuat Timnas Nepal. Namun, karena namanya tetap didaftarkan dalam 30 pemain sejak awal turnamen, Rohit menyusuk dan bisa bermain sejak perempat final kontra Barito Putera.

Wiljam Pluim sudah membela PSM sejak 2016. Sejauh ini, pemain berusia 32 tahun itu telah mengemas 98 penampilan dan mencetak 26 gol untuk PSM.

Kontribusi Wiljan Pluim di PSM cukup besar. Pencapaian terbaiknya adalah saat membantu PSM meraih gelar juara Piala Indonesia 2018-2019.

 

2 dari 3 halaman

Rumor Persib Hingga Persita

Nama Wiljam Pluim sempat dikaitkan dengan beberapa klub elite Indonesia. Hal itu terjadi setelah sang pemain tidak kunjung datang ke Indonesia pada awal 2021.

Wiljan Pluim sempat dikaitkan dengan Persib Bandung. Kabar itu terendus setelah sang pemain kedapatan sedang makan bersama pelatih Robert Alberts.

Selain itu, Wiljan Pluim juga sempat dikaitkan dengan Persita Tangerang. Bahkan, Raphael Maitimo menyambut antusias kedatangan Pluim. Namun, sampai saat ini kedua rumor tersebut belum terbukti dan Pluim masih terikat kontrak sampai 2024 di PSM.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer