Sukses


Cerita Kasiyanto, Ikut Bawa Persebaya Juara Liga Indonesia dan Pernah Latih 2 Kiper Timnas

Bola.com, Jakarta - Kasiyanto merupakan satu di antara pelatih kiper yang turut mengantarkan Persebaya Surabaya menjuarai Liga Indonesia 2004. Ketika di Persebaya, dia pernah melatih dua kiper timnas, yakni Hendro Kartiko (Indonesia) dan Zeng Cheng (China).

Pria kelahiran Pasuruan 1964 itu mulai dipercaya sebagai pelatih kiper Persebaya pada 2003. Ketika itu, Kasiyanto membantu Jacksen F. Tiago yang dipercaya menjabat sebagai pelatih kepala Tim Bajul Ijo.

Pada awal bergabung dengan Persebaya, Kasiyanto didapuk sebagai asisten pelatih kiper. Dia bertugas memantau permainan kiper tim lain yang akan menjadi calon lawan Persebaya Surabaya.

"Jadi pelatih kiper Persebaya itu banyak dimanfaatkan untuk menjadi analisa penjaga gawang oleh Jacksen. Ilmu kepelatihan sebagai kiper banyak didapat dari Jacksen dan juga Sinyo Hartono (mantan pelatih Persebaya)," jelas Kisyanto di kanal YouTube Pinggir Lapangan.

"Saya awalnya di Persebaya bukan menjadi pelatih kiper, tetapi asisten pelatih dan menjadi analisis pemain tim lawan. Saya bertugas keluar masuk stadion seluruh Indonesia (untuk memantau), kecuali Sumatra," lanjutnya.

Berkat kombinasi Kasiyanto dengan Jacksen F. Tiago, Persebaya Surabaya berhasil menjuarai Liga Indonesia 2004. Tim Bajul Ijo bercokol di puncak klasemen dengan nilai 61 hasil dari 34 laga. Mereka unggul produktivitas gol atas PSM Makassar di urutan kedua.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

2 Kiper Timnas

Pria yang semasa aktif sebagai pesepak bola berposisi sebagai libero itu menjabat pelatih kiper Persebaya Surabaya dari 2003 sampai 2009. Selama enam tahun menangani Tim Bajul Ijo, dia pernah melatih dua penjaga gawang timnas.

Keduanya adalah Hendro Kartiko yang merupakan kiper Timnas Indonesia dan Zeng Cheng kiper Timnas China. Ketika itu, Hendro menjalani periode kedua bersama Persebaya, yakni 2004 sampai 2005.

Sementara itu, Zeng Cheng berseragam Tim Bajul Ijo pada 2005, menggantikan Hendro Kartiko yang hengkang ke Persija Jakarta. Namun, ketika masih membela Persebaya Surabaya, Zeng belum memperkuat Timnas China, dan baru mendapat kesempatan pada 2009.

"Menurut saya kiper Persebaya yang miliki skill dan atitude terbaik itu ya Hendro Kartiko. Terkadang saya masih suka berkomunikasi dengan Hendro," jelas Kasiyanto yang memiliki lisensi kepelatihan B AFC tersebut.

Sumber: YouTube Pinggir Lapangan

Video Populer

Foto Populer