Sukses


Drama Kartu Merah Lagi Melawan PSS, Persib Tantang Persija di Final Piala Menpora

Bola.com, Solo - Persib Bandung berhasil mengamankan tiket final Piala Menpora dan akan berjumpa Persija Jakarta. Mereka bermain imbang 1-1 kontrak PSS Sleman dalam leg kedua semifinal di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021).

Hasil itu membuat Persib unggul dengan agregat 3-2 karena sebelumnya menang 2-1 dalam pertandingan leg pertama.

Keunggulan 2-1 pada leg pertama tidak membuat Persib bermain bertahan di pertandingan ini. Maung Bandung langsung tancap gas melakukan tekanan terhadap pertahanan PSS di menit-menit awal.

Peluang pertama lahir pada menit ketiga lewat pemain sayap Frets Butuan. Dia melepas tembakan setelah masuk ke pertahanan PSS dari lini kedua. Sayang, tembakannya dari luar kotak penalti masih melambung.

Dua menit berselang, giliran Ezra Walian yang dimainkan sebagai gelandang serang mendapat tuang tembak dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, sepakan pemain Persib belum menemui sasaran karena bola melenceng dari gawang.

Permainan kedua tim sempat berkutat di lapangan tengah dan tak memberi ancaman hingga menjelang cooling break. Sampai akhirnya, PSS membukukan peluang pertamanya lewat Irfan Jaya di menit ke-24. Tembakannya juga masih tidak mengarah ke gawang.

Persib akhirnya mencatatkan tembakan tepat sasaran pertamanya memasuki menit ke-44. Kali ini striker Wander Luiz menjadi aktornya. Namun, bola masih berhasil ditepis oleh kiper PSS, Ega Rizky.

Ega Rizky terpaksa ditarik keluar pada injury time babak pertama karena mengalami cedera. Miswar Saputra pun dimasukkan menjadi pengganti. Skor 0-0 masih menghiasi pertandingan PSS Sleman versus Persib Bandung sampai turun minum.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Di awal babak kedua, PSS lebih gencar melakukan serangan. Irfan Jaya masih menjadi andalan dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti di menit ke-48. Kali ini tepat sasaran, tapi berhasil ditangkap oleh I Made Wirawan.

Irfan Jaya masih membuat I Made Wirawan kerepotan hanya semenit setelah peluang tersebut. Tembakannya juga tepat sasaran. Tapi, lagi-lagi gagal berbuah gol karena masih berhasil diamankan I Made Wirawan.

Persib Bandung tidak tinggal diam dengan berusaha membangun serangan juga. Frets Butuan lagi-lagi menebar ancaman dengan berhasil melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti PSS. Sayang, tembakannya mampu ditepis Miswar dan bola mengenai mistar sebelum menghasilkan sepak pojok.

PSS terpaksa hanya berlaga dengan 10 pemain sejak menit ke-64 setelah Fabiano Beltrame mendapat kartu merah. Dia melakukan pelanggaran terhadap Wander Luiz yang menghasilkan kartu kuning kedua.

Kekurangan jumlah pemain, pertahanan PSS dalam ancaman. Febri Hariyadi mendapat kesempatan dengan melepas tembakan di menit ke-70. Miswar yang tampil impresif masih mampu menepisnya dengan tangan kiri.

Persib justru harus kebobolan dalam kondisi unggul jumlah pemain di menit ke-73. Tekanan yang dilakukan oleh PSS membuat agregat pertandingan ini menjadi sama. Itu berawal dari overlap yang dilakukan oleh Samsul Arifin dari sisi kiri.

Dia melepas umpan silang yang disambut dengan tendangan voli oleh Saddam Gaffar. Bola mulus masuk ke gawang Persib dan gagal dijangkau oleh I Made Wirawan. Skor 1-0 sementara untuk Super Elja.

3 dari 5 halaman

Gol Penentu Ezra Walian

Persib Bandung akhirnya mencetak gol balasan memasuki menit ke-82. Kali ini Ezra Walian yang menjadi aktornya lewat sundulannya ke arah pojok gawang dan gagal dibendung oleh Miswar Saputra. Skor 1-1 menghiasi laga ini.

Kedua tim masih tampil semakin menyerang di waktu yang tersisa, beberapa peluang emas terbuang. Namun, tak ada lagi gol yang tercipta yang sampai peluit panjang. Persib lolos ke final dengan agregat kemenangan 3-2 dan bakal bersua Persija Jakarta di partai puncak

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • PSS (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Fabiano Beltrame, Derry Rachman (belakang); Aaron Evans, Kim Kurniawan, Nicolas Velez (tengah); Arthur Irawan, Saddam Gaffar, Irfan Jaya (depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Persib (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Ezra Walian (tengah); Febri Hariyadi, Wander Luiz, Frets Butuan (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts
5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer