Sukses


Prediksi Laga Leg 1 Final Piala Menpora 2021, Persib Vs Persija: Macan Kemayoran Hadapi Maung Bandung, Siapa Bakal Menerkam?

Bola.com, Jakarta - Final ideal mempertemukan dua tim besar Persija Jakarta kontra Persib Bandung, menjadi penutup gelaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Duel yang sarat dengan rivalitas dan sering tersaji sengit di atas lapangan.

Untuk partai final leg pertama akan dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam. Kedua tim merupakan musuh bebuyutan yang sudah berjalan lama. Masing-masing tim tentunya sudah mempersiapkan diri dengan baik usai lolos dari semifinal.

Alhasil Mayan Kemayoran dan Maung Bandung bakal saling terkam. Tak banyak waktu yang dimiliki baik Persija maupun Persib dalam persiapan duel di final.

Persib lolos ke final berkat keunggulan agregat gol 3-2 atas PSS Sleman, sementara Persija menyingkirkan PSM lewat drama adu penalti 4-3.

Diprediksi bakal berlangsung dengan tensi tinggi dalam duel antar kedua tim. Karena kedua tim sama-sama berstatus tim besar dengan memiliki skuad mewah.

Melihat barisan pemain di kedua tim sudah cukup menggambarkan kekuatan masing-masing. Deretan pemain dengan nama besar, langganan di Timnas indonesia, hingga legiun asing berkualitas mewarnai kemewahan skuad kedua tim

Kemudian catatan perjalanan dari awal turnamen hingga mendekati akhir yang ditorehkan dengan apik. Persija diketahui baru menelan satu kekalahan, yakni di fase grup dari PSM Makassar. Sementara Persib lebih sangar karena belum pernah kalah sejauh ini.

Begitu juga urusan produktivitas gol di turnamen ini. Persib tercatat sebagai tim yang selalu mencetak gol di setiap laga atau total sudah mengemas 11 gol. Sedangkan Persija mengoleksi tujuh gol.

Menengok rekor pertemuan kedua tim dalam 10 tahun terakhir berjalan cukup seimbang. Persija dan Persib sama-sama pernah saling mengalahkan sebanyak empat kali, dan delapan pertandingan lainnya berakhir imbang.

 

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Tekad Berikan Kekalahan Perdana untuk Persib

Persija cukup dicemaskan dengan hasil yang sebenarnya kurang begitu maksimal selama masuk di babak gugur. Permainan yang masih kurang mengigit, karena hanya mampu mencatatkan sebiji gol dari tiga laga yang dijalani.

Yakni ketika susah payah menyingkirkan Barito Putera lewat gol tunggal Marko Simic yang baru datang pada penghujung pertandingan. Kemudian dua kali pertemuan kontra PSM Makassar di semifinal seperti kurang greget. Kesulitan mencetak gol, meski lolos dalam babak adu penalti.

Beruntung Persija punya skuad yang lengkap di final nanti. Termasuk kembalinya bek andalan asal Italia, Marco Motta. Mantan penggawa Juventus tersebut kembali dari skorsing akibat kartu merah yang ia dapatkan di leg pertama semifinal.

"Persiapan kami berjalan baik, berlatih, dan mengevaluasi laga sebelumnya. Mempelajari kelebihan dan kelemahan Persib yang bisa kami coba manfaatkan," beber juru taktik Persija Jakarta, Sudirman dalam konferensi pers, Rabu (21/4/2021).

"Rasa kelelahan memang ada, jadwal padat dan pindah lokasi pertandingan, pengaruh di kebugaran recovery. Tapi bagaimana mental pemain untuk kuat menghadapinya," ujarnya.

Dua kali pertemuan dengan PSM di semifinal, Persija sangat minim gol. Menjadi pekerjaan rumah yang paling krusial bagi anak buah Sudirman untuk meningkatkan ketajaman mencetak gol. Kuatnya barisan pertahanan Persija, juga perlu diimbangi daya serang yang tajam.

"Kami juga tidak sempurna dengan pernah kalah. Artinya setiap laga dilalui pasti ada evaluasinya. Semoga nanti Persija jadi tim pertama yang mengalahkan mereka (Persib)," tegas Sudirman.

 

3 dari 5 halaman

Persib Pede

Kubu Pangeran Biru (julukan Persib) dalam kondisi yang lebih percaya diri dan sedikit diunggulkan atas Persija. Persib seperti tak memiliki noda dalam perjalanan di Piala Menpora ini.

Mereka belum terkalahkan dari tujuh pertandingan yang dijalani, mencetak 11 gol, dan belum pernah melakoni drama adu penalti. Ketajaman para penyerang Persib akan diuji oleh ketangkasan kiper Andritany Ardhiyasa dan bek-bek Persija yang terkenal kuat.

"Tidak mudah, pemain perlu memulihkan kembali kebugarannya usai melakoni dua leg semifinal kemarin. Kami sudah mempersiapkan sebaik mungkin dengan beberapa sesi latihan terakhir, akan menjadi laga yang menarik," terang Robert Alberts.

Persib juga tak perlu khawatir karena punya skuad yang tak kalah komplet dari Persija. Tak ada yang harus absen karena akumulasi kartu. Hanya kondisi gelandang Dedi Kusnandar yang masih mengalami cedera. Sementara Ezra Walian dalam kondisi on fire seperti di laga terakhir kontra PSS.

Namun demikian, Persib juga perlu waspada terhadap kondisi lini belakangnya yang masih sering kedodoran. Meski Persib paling jago dalam urusan membobol gawang lawan, lini pertahanan juga sering kemasukan gol.

Sebanyak tujuh gol lawan sudah bersarang ke gawang Maung Bandung dalam tujuh laga yang dijalani. Hal inilah yang perlu mendapatkan perhatian dari pelatih Alberts dalam menginstruksikan pentingnya konsentrasi para pemainnya.

"Kami menganggap setiap lawan sama kuatnya. Permainan Persib adalah menyerang dan bertahan. Sepak bola adalah soal kemenangan berapapun skornya, yang penting tampil nyaman," tegas pelatih asal Belanda tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Otavio Dutra, Yann Motta, Tony Sucipto (belakang); Rohit Chand, Novri Setiawan, Marc Klok (tengah); Heri Susanto, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan)
  • Pelatih: Sudirman

 

  • Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Farshad Noor, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi (tengah); Ezra Walian, Frets Butuan, Wander Luiz (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer