Sukses


Hasil Leg I Final Piala Menpora Persib Vs Persija 0-2: Youngster Macan Kemayoran Menggila!

Bola.com, Sleman - Persija Jakarta sukses memetik kemenangan dalam leg pertama partai final Piala Menpora 2021. Andritany Ardhiyasa dkk. menang 2-0 atas Persib Bandung dalam pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam.

Tak butuh waktu lama buat Persija untuk bisa menjebol gawang Persib dalam laga panas ini. Macan Kemayoran langsung berhasil unggul saat pertandingan masih belum tepat semenit berjalan.

Itu bermula dari Riko Simanjuntak yang melepas tembakan dari luar kotak penalti di sisi kanan. Bola kemudian membentur Osvaldo Haay. Namun, bola liar berhasil disambar oleh gelandang muda Braif Fatari yang gagal dibendung oleh kiper Persib, I Made Wirawan.

Dalam kondisi tertinggal oleh gol cepat, Persib berusaha untuk meresponsnya dengan lebih menekan pertahanan Persija. Namun, yang terjadi Maung Bandung justru kebobolan lagi di menit ketujuh.

Lagi-lagi Riko Simanjuntak yang menjadi kreator lahirnya gol ini. Kali ini pemain yang berposisi di sisi sayap itu beroperasi di sisi kari. Riko mengirim umpan tarik yang berhasil dieksekusi menjadi gol lewat tembakan keras oleh Taufik Hidayat. Skor 2-0 untuk Persija.

Persib terlihat belum tenang dan berusaha untuk membalas gol itu. Beberapa kali tembakan yang dilepas oleh pemain depan mereka gagal berbuah gol. Selain itu, pertahanan Persija Jakarta memang terlihat sangat rapat.

Video

2 dari 4 halaman

Barisan Mantan Jadi Penghalang

Duet jantung pertahanan Persija Jakarta diisi oleh Maman Abdurrahman dan Tony Sucipto yang berstatus mantan pemain Persib. Di menit ke-29, bek kiri Persija Alfath Faathier, yang merupakan pemain jebolan Diklat Persib, masuk menggantikan Novri Setiawan.

Lini belakang Macan Kemayoran yang berisikan mantan pemain Maung Bandung itu rupanya masih menyulitkan Persib. Mereka mendapat peluang penting di menit ke-30 lewat tendangan bebas.

Namun, bola sepakan Victor Igbonefo itu masih membentur dan dengan mudah diamankan oleh Andritany Ardhiyasa.

Di injury time babak pertama, Febri Hariyadi sempat mendapat peluang untuk memperkecil skor. Sayang, tendangan spekulasi yang dilepasnya masih melambung di atas mistar gawang Persija.

Tak ada gol lagi yang tercipta di paruh pertama dan Persija Jakarta sementara masih unggul 2-0.

 

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Persib langsung tancap gas dengan melakukan serangan di awal babak kedua. Ancaman mereka diawali oleh tendangan bebas yang dieksekusi oleh Dedi Kusnandar. Sayang, bola sepakannya masih melambung.

Pada menit ke-52, giliran Wander Luiz yang unjuk kebolehan. Striker asal Brasil itu melakukan tendangan salto, yang sayangnya belum mengarah ke gawang dan bola menyamping ke sisi kiri gawang Persija.

Wander Luiz kembali menebar ancaman memasuki menit ke-59. Peluang ini lahir lewat umpan silang yang diselesaikan dengan sundulan, namun bola masih tidak menemui sasaran.

Agresivitas yang dimiliki Persib masih belum berbuah gol sampai menjelang cooling break. Giliran Esteban Vizcarra yang mencoba peruntungan dengan tembakannya, akan tetapi bola masih mengarah tepat ke Andritany.

Beberapa kali Persija juga membukukan peluang penting yang merepotkan I Made Wirawan. Satu peluang emas lahir di menit ke-85 yang hampir saja melahirkan gol ketiga.

Itu berawal dari upaya penetrasi yang dilakukan oleh Osvaldo Haay. Dia mengirim bola kepada Simic yang diteruskan kepada Riko Simanjuntak. Namun, tembakannya lemah dan mudah diamankan oleh I Made Wirawan.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit Fariq Hitaba, tidak ada lagi gol yang tercipta. Persija menginjakkan satu kakinya untuk meraih trofi juara Piala Menpora 2021 dengan kemenangan 2-0 atas Persib di leg pertama final ini.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto, Novri Setiawan (belakang); Rohit Chand, Braif Fatari, Marc Klok (tengah); Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Taufik Hidayat (depan)
  • Pelatih: Sudirman

 

  • Persib (4-4-2): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus (belakang); Febri Hariyadi, Abdul Aziz, Farshad Noor, Frest Butuan (tengah); Ezra Walian, Wander Luiz (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts   

Video Populer

Foto Populer