Sukses


Ulas Statistik Piala Menpora 2021: Final Persib Vs Persija Rusak karena Kartu Merah!

Bola.com, Solo - Persib Bandung kalah segalanya dari Persija Jakarta pada leg kedua babak final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). Tim berjulukan Pangeran Biru itu tertinggal mulai dari skor, jumlah pemain, hingga statistik.

Kartu merah Bayu M. Fiqri pada menit ke-22 bikin Persib di ujung tanduk. Jangankan untuk mengejar ketertinggalan agregat dua gol dari Persija Jakarta, untuk mencetak gol pun berat bagi tim berjulukan Pangeran Biru itu.

Persib terpaksa bermain dengan sepuluh orang setelah Bayu Fiqri diganjar kartu kuning kedua. Bek Timnas Indonesia U-19 itu dianggap wasit Agus Fauzan melanggar Marco Motta dengan keras.

Partai penentuan ini bisa dibilang telah tuntas pasca Persib kalah jumlah pemain dari Persija. Pangeran Biru, yang bermain agresif selama 22 menit, terpaksa tampil bertahan di sepanjang pertandingan.

Persib masih mampu memaksa Persija tidak mencetak gol hingga menit ke-50, namun gol Osvaldo Haay membuat Pangeran Biru tersungkur. Ezra Walian dkk semakin jauh tertinggal secara agregat.

Namun, Persib belum menyerah. Setidaknya, Pangeran Biru masih memberikan perlawanan. Datang sebagai pemain pengganti, Ferdinand Sinaga bikin semangat kawan-kawannya kembali berkobar setelah sepakan bebasnya menjebol gawang Andritany Ardhiyasa pada menit ke-85.

Sejak momentum itu, Persib terus menyerang Persija. Namun, konsekuensi harus diterima. Bermain dengan sepuluh orang, membuat Pangeran Biru rentan kecolongan.

Persib kembali kebobolan pada menit ke-91 setelah serangan skema balik Persija Jakarta via Osvaldo Haay mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Riko Simanjuntak. Pangeran Biru kalah 1-4 secara agregat dan terpaksa merelakan gelar Piala Menpora kepada tim berjulukan Macan Kemayoran itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Statistik Kedua Tim

Merangkum Lapang Bola, Persija Jakarta unggul jauh secara statistik dari Persib. Marc Klok dkk memenangi pertarungan penguasaan bola dengan 65 persen berbanding 35 persen.

Persija masih mendominasi shots on target (2) ketimbang Persib (1). Macan Kemayoran juga membukukan 456 operan berhasil dibanding Persib (252).

Persib melakukan lebih banyak pelanggaran (15) daripada Persija (12). Pangeran Biru juga mengoleksi enam kartu enam (5 kartu kuning, 1 kartu merah) sementara Persija lima kartu kuning.

Persib unggul pada jumlah tekel berhasil (12) berbanding sembilan milik Persija dan tendangan pojok (6) sedangkan Macan Kemayoran nihil.

Kalah segalanya dari Persija Jakarta, Persib diyakini frustrasi. Pangeran Biru memilih untuk tidak mengikuti konferensi pers setelah pertandingan dan meninggalkan Stadion Manahan.

Video Populer

Foto Populer