Sukses


Kala Bintang Piala Menpora 2021 Membuat Liga Ramadan Begitu Bergairah di Makassar, Ada Aksi Hilman Syah sampai Hasim Kipuw

Bola.com, Makassar - Penampilan mengesankan PSM Makassar dengan berhasil menembus Piala Menpora 2021 disambut antusias publik sepak bola Kota Daeng. Momen ini dimanfaatkan oleh sejumlah tim amatir yang berpatisipasi pada Liga Ramadan Makassar yang tahun ini bertajuk Emmy Saelan Cup.

Bagatak FC misalnya, tim asal Kabupaten Takalar langsung merekrut dua bintang PSM yakni Hilman Syah (kiper) dan Hasim Kipuw (stoper) serta M. Akbar (Persela Lamongan). Ketiganya satu tim dengan eks PSM, Dedi Irwandi dan Ismail Haris.

Kehadiran mereka mendongkrak penampilan timnya. Pada matchday tiga Grup D yang berlangsung di Lapangan Emmy Saelan, Rabu (28/4/2021), Bagatak mengalahkan Putra Banca yang diperkuat deretan eks PSM seperti Syamsul Chaeruddin, Diva Tarkas, Deny Marcel dan Tamsil Sijaya.

Kemenangan dengan skor 1-0 ini mengantar Bagatak lolos ke babak 16 Besar dengan status juara grup. Selain Bagatak dan Putra Banca, ada juga tim yang memakai jasa pemain familiar. Di antaranya PSL FC yang merekrut Aditya Putera Dewa (eks Persikabo 1973).

Namun ada juga yang memanfaatkan ajang ini untuk mengukur kemampuan pemainnya. Seperti tim Porprov Makassar yang akan menghadapi kualifikasi Porprov 2022, Juli mendatang serta Bank Sulselbar FC yang bersiap mengikuti Liga 3 Asprov Sulsel.

"Bagi kami, Liga Ramadan ini juga menjadi ajang seleksi buat pemain jelang Liga 3,” kata Ari Hidayat, manajer Bank Sulselbar FC.

Dihubungi Bola.com, Ketua panpel, Syarif Lili mengakui kehadiran sejumlah bintang Piala Menpora 2021 mendongkrak pamor turnamen yang dikelolanya.

"Sebenarnya tujuan utama turnamen ini adalah ajang silaturahmi antar pemain di Makassar. Kalau pun jadi kompetitif, itu karena antusiasme pemain dan penonton yang sudah lama vakum akibat pandemi COVID-19. Memang tahun ini tak semeriah sebelumnya karena kami tetap mengedepankan protokol kesehatan,” terang Syarif.

 

 

2 dari 3 halaman

Pemilihan Nama Emmy Saelan Cup

Menurut Syarif, pemakaian nama Emmy Saelan Cup untuk Liga Ramadan disesuaikan dengan lokasi pertandingan. Sebelumnya, penyelenggaran ajang ini rutin berlangsung di Lapangan Hasanuddin yang berlokasi di tengah kota Makassar. Pada penyelenggaraan kali ini tercatat 25 tim yang berpartispasi.

Liga Ramadan di Makassar sendiri rutin digelar sejak 2003. Liga Ramadan termasuk turnamen antar kampung paling ditunggu pecinta sepak bola nasional, khususnya di Makassar. Selain lokasi penyelenggaraan yang terletak di tengah kota Makassar, hampir semua pemain terbaik di Liga Indonesia pernah bermain di Liga Ramadan, utamanya yang memperkuat PSM

Pemain lokal Evan Dimas, Zulham Zamrun, Asri Akbar, Titus Bonai, Manahati Lestusen, Paulo Sitanggang, Diego Michels sampai Hamka Hamzah pernah tampil di Liga Ramadan. Begitu pun pemain asing seperti Ilija Spasojevic dan Fabiano Beltrame.

Aturan yang diterapkan di turnamen ini terbilang unik. Setiap klub tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman saat bertanding. Perhelatan Liga Ramadan pernah jadi sorotan pada 2015. K

etika itu, puluhan pemain papan atas Indonesia tampil di Makassar menyusul terhentinya kompetisi ISL 2015 akibat perseteruan PSSI dan Kemenpora sebagai wakil pemerintah yang berujung turunnya sanksi dari FIFA.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer