Sukses


Siap Manjakan Masyarakat Indonesia, K-League Bakal Sering Unggah Video Asnawi Mangkualam

Bola.com, Seoul - K-League benar-benar merasakan dampak yang luar biasa setelah Asnawi Mangkualam bermain di Ansan Greeners FC. Kehadiran Asnawi turut mengerek popularitas klub tersebut hingga kompetisi K-League 2.

Dampak positif itu terlihat dari meningkatnya jumlah followers Instagram dari Ansan Greeners FC yang kini telah mencapai angka 50 ribu. Tak hanya itu, cuplikan penampilan Asnawi Mangkualam juga mendapatkan perhatian tinggi dari masyarakat.

Contohnya adalah cuplikan pertandingan Asnawi Mangkualam yang diunggah oleh Federasi Sepak Bola Profesional Korea Selatan (KPFF) ke YouTube, telah ditonton 800 ribu viewers pada laga melawan Jeongnam Dragon. Adapun saat Asnawi Mangkualam bermain melawan Bucheon disaksikan 820 ribu viewers.

"Saya sebenarnya sering mencoba untuk menahan diri agar tidak terlalu sering mengunggah video Asnawi agar penonton tidak bosan. Akan tetapi, interaksi pada pertandingan terakhir sangat tinggi. Saya akhirnya membuat konten itu karena saya menyukainya," kata Perencana dan Produser Konten Video KPFF, Kim Dong-hoon, seperti dikutip News1.

KPFF tak hanya akan membuat cuplikan penampilan Asnawi Mangkualam saat bermain saja. Kim Dong-hoon menyebut, pihaknya berencana membuat konten kegiatan Asnawi di luar lapangan.

"Kedepannya kami tidak hanya akan mengedit dan mengunggah penampilan Asnawi Mangkualam di lapangan saja. Akan tetapi, akan memproduksi dan menampilkan berbagai konten di luar lapangan," tegas Kim Dong-hoon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Serupa Son Heung-min

Kim Dong-hoon menilai, fenomena yang mengiringi penampilan Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners adalah hal yang lumrah. Hal seperti ini pernah terjadi saat awal-awal Son Heung-min bermain di Premier League bersama Tottenham Hotspur.

"Seperti penggemar sepak bola Korea yang bangga menyaksikan Son Heung-min bermain di Premier League, penggemar Indonesia juga bangga menonton video Asnawi di K-League. Mereka akan memberikan komentar dengan bangga," ucap Kim Dong-hoon.

Penampilan Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners ternyata juga mendapatkan perhatian dari masyarakat Korea Selatan. Penggemar K-League dibuat penasaran oleh penampilan dari eks penggawa PSM Makassar itu.

"Tak hanya suporter Indonesia, akan tetapi orang Korea juga menunjukkan ketertarikan pada Asnawi. Penggemar K-League memberikan apresiasi tinggi kepada pemain yang berusaha bertahan menghadapi tantangan di kompetisi Korea," tegas Kim Dong-hoon.

Sumber: News1

Video Populer

Foto Populer