Sukses


Gara-gara Hal Ini Elkan Baggott Urung Perkuat Timnas Indonesia

Bola.com, King's Lynn - King's Lynn Town mengklaim telah memulangkan Elkan Baggott ke Ipswich Town sejak dua pekan lalu. Peserta National League itu juga tidak menerima surat pemanggilan dari Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com memastikan bahwa Elkan Baggott urung memenuhi panggilan Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) karena tidak mendapatkan izin dari klubnya.

Ipswich Town meminjamkan Elkan Baggott ke King's Lynn Town pada akhir Maret 2021 tidak lama setelah bek kelahiran Bangkok, Thailand itu mendapatkan kontrak profesional pertamanya dengan durasi dua setengah tahun.

Elkan Baggott sempat memainkan tujuh laga bersama King's Lynn Town di National League sebelum ditarik oleh Ipswich Town untuk membela tim U-18 di Piala FA Junior 2020/2021.

Elkan telah absen dalam tiga partai terakhir King's Lynn Town alias sejak 11 Mei 2021. Usut punya usut, Ipswich Town menarik pemuda berusia 18 tahun itu lebih cepat dari masa peminjaman yang seharusnya tuntas pada akhir bulan ini.

"Elkan Baggott telah kembali ke Ipswich Town jadi dia tidak bermain lagi untuk kami," kata General Manager King's Lynn Town, Mark Hearle kepada Bola.com, Minggu (23/5/2021).

"Elkan Baggott sudah kembali ke Ipswich Town sekitar dua pekan lalu. Surat dari Timnas Indonesia dikirimkan ke Ipswich Town," jelas Mark Hearle.

Mark Hearle meluruskan King's Lynn Town tidak pernah melarang Elkan Baggott untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Sebab, surat pemanggilan dari PSSI bukan dikirimkan kepada pihaknya.

"Betul sekali, bukan kami yang tidak mengizinkan Elkan Baggott ke Timnas Indonesia. Dia bukan pemain kami, hanya pinjaman dari Ipswich Town," imbuh Mark Hearle.

"Elkan Baggott dipanggil pulang oleh Ipswich Town. Saya tidak tahu apa alasannya," terang Mark Hearle, terkait kepulangan Elkan Baggott lebih cepat ke klub aslinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penjelasan PSSI

Kepada Bola.com pada Sabtu (22/5/2021) malam WIB, Yunus Nusi menjelaskan bahwa Elkan Baggott tidak dilepas oleh timnya ke Timnas Indonesia, tanpa menyebut King's Lynn Town atau Ipswich Town sebagai empunya bek jangkung tersebut.

Yunus Nusi menerangkan, klub dari Elkan Baggott menganggap UEA sebagai daerah rawan COVID-19. Selain itu, tim tersebut masih membutuhkan tenaga alumnus Timnas Indonesia U-19 ini.

Dua faktor ini yang membuat Elkan Baggott gagal mengecap penampilan pertama buat Timnas Indonesia level senior.

"Elkan Baggott tidak bisa datang ke Dubai untuk membela Timnas Indonesia," kata Yunus Nusi.

"Klubnya masih sangat membutuhkan kehadiran Elkan Baggott di laga-laga berikutnya. Klubnya juga memandang bahwa UEA adalah zona merah COVID-19," jelas Yunus Nusi.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia di Dubai

Timnas Indonesia telah tiba di Dubai sejak awal pekan ini. Padahal, Kualifikasi Piala Dunia 2022 baru akan digelar pada bulan depan.

Timnas Indonesia sengaja berangkat lebih awal untuk menyesuaikan diri dengan kondisi di Dubai. Selain itu, tim berjulukan Skuad Garuda itu juga dijadwalkan melahap rangkaian uji coba.

Timnas Indonesia telah ditunggu oleh Afghanistan pada 25 Mei 2021 dan Oman pada empat hari berselang.

Timnas Indonesia akan melanjutkan kiprahnya di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, disusul kontra Vietnam pada 7 Juni 2021, dan terakhir menghadapi UEA pada 11 Juni 2021. Semua laga digelar di Dubai.

Video Populer

Foto Populer