Sukses


Menghitung Persaingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Bisa Jadi Batu Sandungan

Bola.com, Jakarta - Setelah tertunda hampir 1,5 tahun, babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 kembali digelar. Ajang tersebut akan digelar pada 3-15 Juni 2021.

Pandemi COVID-19 membuat pertandingan lanjutan penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar terpusat. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menunjuk Dubai, Uni Emirat Arab, sebagai tuan rumah untuk grup ini.

Laga-laga ini bakal digelar tertutup tanpa kehadiran penonton mengingat suasana masih belum kondusif. Jadi, UEA sama sekali tidak diuntungkan dengan status tuan rumah dan semua tim punya peluang yang sama tanpa tertekan kehadiran suporter.

Delapan pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan digelar. Laga-laga tersebut dimainkan di dua stadion, yakni Zabeel Stadium dan Al Maktoum Stadium.

Juara Grup G akan lolos langsung ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 plus babak grup Piala AFC 2023. Adapun tim yang finis di posisi kedua masih punya peluang meraih tiket ke babak ketiga melalui jalur runner-up terbaik yang bakal dibuat dalam klasemen kecil.

Selain itu, penghuni peringkat kedua juga berpeluang lolos langsung ke Piala AFC 2023 atau melalui jalur penyisihan babak ketiga. Adapun peringkat ketiga bakal mengikuti kualifikasi babak ketiga Piala AFC.

Sementara itu, untuk peringkat keempat dan kelima juga masih punya peluang tampil di Piala AFC 2023. Namun, melalui jalur kualifikasi babak ketiga atau playoff Piala AFC. Hal itulah yang membuat laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal krusial karena menentukan banyak hal.

Lantas, bakal seperti apa peta persaingan yang terjadi di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022? Berikut ini gambaran singkat mengenai persaingan dan peluang masing-masing tim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Persaingan Masih Terbuka

Persaingan ke Piala Dunia 2022 untuk Grup G cukup ketat. Vietnam saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan 11 poin dari lima pertandingan.

Namun, Vietnam hanya berjarak dua angka dari Malaysia yang ada di posisi kedua dan tiga angka dari Thailand yang sementara di urutan ketiga. Uni Emirat Arab juga tidak boleh dicoret dari persaingan.

Meskipun baru mengumpulkan enam poin, namun UEA punya satu laga sisa yang mesti dimainkan. Artinya, UEA sejauh ini baru bermain empat kali di mana tim yang lainnya sudah lima kali bertanding.

Secara matematis, keempat tim tersebut masih berpeluang. Peta persaingan cukup terbuka karena margin poin antartim yang tidak terlampau jauh.

Bermain di tempat netral membuat semuanya punya peluang yang sama. Hal inilah yang membuat penentuan juara dan runner-up Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal ditentukan sampai matchday terakhir.

3 dari 3 halaman

Batu Sandungan

Timnas Indonesia berpotensi menjadi batu sandungan untuk tim lain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Penyebabnya adalah Tim Garuda akan menghadapi tim-tim yang sedang membutuhkan kemenangan untuk meraih tiket ke babak selanjutnya.

Adapun Timnas Indonesia sudah tak punya kepentingan. Seandainya menyapu bersih tiga kemenangan dalam laga tersisa, Timnas Indonesia paling mentok finis di posisi ketiga, dengan catatan para persaing meraih hasil minor.

Namun, hitung-hitungan tersebut tidak realistis. Finis bukan di dasar klasemen saja sudah menjadi pencapaian yang bagus buat Timnas Indonesia yang saat ini sama sekali belum punya poin.

Adapun untuk meraih asa mengikuti Kualifikasi Piala AFC juga bukan misi realistis. Jadi, Timnas Indonesia benar-benar tidak memiliki kepentingan apapun.

Situasi ini membuat pasukan Shin Tae-yong bakal tampil lepas dan tanpa beban. Hal ini tentu saja menjadi sinyal bahaya buat para lawan yang akan dihadapi nanti.

Video Populer

Foto Populer