Sukses


Enggan Menganalisa Timnas Indonesia Kontra Thailand, RD: Saya Hanya Berharap Menang!

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia berjumpa Thailand dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tim besutan Shin Tae-yong itu berlaga di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021).

Dari segi peluang, Timnas Indonesia sudah tidak memiliki kans untuk lolos ke Qatar 2022. Tim Garuda menjadi juru kunci Grup G dan belum memiliki poin dari lima pertandingan sebelumnya.

Namun, Timnas Indonesia diharapkan bisa memenangkan laga ini demi menjaga gengsi. Berbagai analisa muncul dari para pelatih di Tanah Air sekaligus memberikan masukan kepada pelatih dan skuad Garuda.

Tanpa bermaksud menggurui, para pelatih ini pun ikut memikirkan solusi agar Evan Dimas dkk. bisa bangkit dari keterpurukan. Namun, ada satu nama yang enggan memberikan analisa mengenai laga ini, yaitu pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

"Saya berharap Timnas Indonesia menang. Sudah, itu saja. Kaitan teknis, silakan ke pelatih lain," ujar pelatih yang karib disapa RD itu tanpa menjelaskan alasannya enggan menganalisa permainan Timnas Indonesia.

2 dari 2 halaman

Enggan Menganalisa Timnas Indonesia

Bisa jadi pelatih kelahiran Lampung 54 tahun lalu itu tidak ingin menggurui Timnas Indonesia yang kini diasuh Shin Tae-yong. RD menaruh respek terhadap pelatih kepala yang menjabat saat ini. Apalagi RD meyakini Shin Tae-yong juga lebih paham dengan karakter pemain yang ada.

Sebenarnya, RD pun sempat keluar masuk tim kepelatihan Timnas Indonesia. Mantan pelatih Arema FC ini juga pernah menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia, baik U-23 maupun senior.

Selama ini, RD dikenal sebagai pelatih yang cerdas dalam memberikan analisa. Tapi, sementara waktu dia hanya bisa memberikan analisa terkait klub, bukan di level tim nasional. "Kalau soal klub saya siap," ujarnya.

Sampai saat ini RD termasuk pelatih papan atas di Indonesia. Maklum pencapaian gelar juaranya tergolong banyak. Ia pernah menjadi juara bersama Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura. Hal itu membuatnya menjadi pelatih lokal yang cukup sukses di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer