Sukses


Perjalanan Genta Alparedo, Kisah Putra Minang yang Menembus Timnas Indonesia di Usia Muda

Bola.com, Solo - Skuad Timnas Indonesia sedang menjalani lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab. Dari semua pemain yang dibawa ke Dubai, ada satu pemain yang cukup menyita perhatian. Genta Alparedo, satu-satunya pemain dari klub Liga 2, masuk dalam daftar pemain tim asuhan Shin Tae-yong itu.

Genta Alparedo adalah pemain Semen Padang dan memang sudah lama menjadi pemain kepercayaan Shin Tae-yong sejak memperkuat Timnas Indonesia U-19. Gelandang berusia 19 tahun itu tidak canggung harus bersaing dengan deretan nama beken, seperti Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, atau Witan Sulaeman.

Tidak banyak yang mengetahui proses perjalanan karier Genta di lapangan hijau. Sebagai pemain berbakat asal Sumatra Barat, Genta Alparedo memang sudah menekuni sepak bola sejak muda, seperti yang diceritakan dalam kanal youtube MinangSatu, pada April lalu.

"Saya pertama kali belajar sepak bola pada umur 9 tahun. Ketika itu masih duduk di kelas 3 SD, ikut O2SN untuk SD 28 Korong Gadang yang berada di dekat rumah. Kemudian lanjut pada usia 11 tahun saya ikut sepupu saya main di SSB Putra Brandon, hanya sekitar satu minggu latihan," ujar Genta Alparedo.

"Mulai lagi belajar sepak bola pada 2010 dan ikut Piala Danone. Kemudian pindah ke SSB Ranah Minang. SMP kelas 2 saya ikut seleksi PPLP Sumbar, tapi tidak lolos. Kemudian saya fokus ikut Popwil Aceh dan mendapatkan medali perunggu."

"Kemudian lolos Popnas dan tampil di Porprov Padang Pariaman membela tim Solok Selatan. Saat itu mendapatkan medali perak. Saya juga pernah ikut Piala Minangkabau dan mendapatkan predikat sebagai gelandang terbaik," kenang pemain kelahiran 7 Oktober 2021 itu.

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Menimba Ilmu dan Pengalaman

Karier Genta Alparedo terus menanjak dari tahun ke tahun. Terutama saat mendapatkan kesempatan masuk di tim Elite Pro Academy (EPA) Semen Padang pada 2019.

Bahkan dengan cepat ia berhasil masuk seleksi tim senior Kabau Sirah. Hingga untuk pertama kalinya dipanggil dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Yogyakarta.

Genta merasa bangga bisa mendapatkan jalan impiannya tersebut dengan begitu cepat. Bahkan ketika sepak bola dihantam pandemi COVID-19 sejak 2020, ia masih mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong.

Ia ikut ambil bagian dalam skuad yang digembleng pelatih asal Korea Selatan itu selama di Eropa pada 2020. Genta Alparedo mengaku tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas berkarier lebih tinggi di sepak bola.

"Alhamdulillah saya senang dipanggil Timnas Indonesia. Banyak pemain berpengalaman membuat saya belajar banyak dan siap memberikan yang terbaik," ujarnya.

"Semua pemain sebenarnya sama, hanya beda umur. Pelatih Shin Tae-yong juga mengajarkan kerja keras, disiplin dan mengobarkan semangat," jelas pemain yang mengidolakan Lionel Messi dan Evan Dimas itu.

Video Populer

Foto Populer