Sukses


Timnas Indonesia Imbangi Thailand: Shin Tae-yong Tak Pernah Kalah dari Akira Nishino, Park Hang-seo Ngintip-ngintip

Bola.com, Dubai - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat pujian setelah memberikan warna baru bagi skuad Garuda.

Timnas Indonesia mengimbangi Thailand 2-2 pada laga lanjutan Grup G di Al-Maktoum Stadium, Dubai, Jumat (4/6/2021) dini hari WIB. Meski Indonesia sudah dipastikan terhenti, Shin Tae-yong dianggap membawa perubahan.

Selain itu, hasil 2-2 juga memperpanjang rekor tak pernah kalah Shin Tae-yong ketika bersua pelatih Thailand asal Jepang, Akira Nishino.

Seperti diketahui, Jepang dan Korea Selatan merupakan dua tim tradisional asal Asia yang kerap memberi kejutan di Piala Dunia. Akira Nishino dan Shin Tae-yong tercatat tidak pernah saling berhadapan saat masih berkarier sebagai pemain. Namun, mereka pernah bertemu sebagai pelatih.

Momen itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions Asia 2010 antara Seongnam Ilhwa melawan Gamba Osaka, tepatnya pada 11 Mei 2010.

Shin Tae-yong, yang ketika itu membesut Seongnam Ilhwa, berhasil mengalahkan Akira Nishino yang menukangi Gamba Osaka dengan skor 3-0 di Tancheon Sports Complex, Seongnam. Duel itu jadi satu-satunya rapor pertemuan Shin Tae-yong dengan Akira Nishino.

Artinya, hasil imbang Timnas Indonesia melawan Thailand ini mempertahankan rekor tak terkalahkan Shin Tae-yong atas Akira Nishino.

Video

2 dari 3 halaman

Park Hang-seo Ngintip-ngintip

Satu lagi pelatih asal Asia Timur di tim Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni Park Hang-seo. Pelatih Timnas Vietnam ini begitu disanjung setelah memberikan gelar Piala AFF 2018 dan mengantarkan Vietnam menjadi runner-up Piala AFC U-23 2018.

Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (7/6/2021). Vietnam kini memimpin klasemen sementara Grup G dengan poin 11. Namun, Shin Tae-yong meminta pemain Indonesia tak gentar.

"Seperti hari ini, mungkin bisa dibilang keinginan kami tinggi. Pertandingan berikutnya akan jadi ujian baru. Kalau tim bermain seperti hari ini, saya optimistis kami akan mengalahkan Vietnam," lanjutnya.

Dalam sesi wawancara seusai laga, Shin Tae-yong mendapat informasi bahwa pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia kontra Thailand.

"Jujur saya tidak tahu kalau Park Hang-seo datang, pasti dia sudah tahu tim ini lewat pertemuan selanjutnya. Mereka juga pasti sudah menganalisis pertandingan ini," katanya.

3 dari 3 halaman

Tak Gentar

Meski begitu, Shin Tae-yong tak gentar. Ia menyemangati anak buahnya untuk tampil habis-habisan meski tidak kans lolos ke fase berikutnya.

"Kami akan tampilkan yang terbaik melawan Vietnam," lanjut Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer