Sukses


Pemain Naturalisasi Gagal Timnas Indonesia Sentil Indra Sjafri, Anggap Enggan Bantu Sandy Walsh, Ezra Walian, Kevin Diks, dan Joey Suk

Bola.com, Jakarta - Lama hilang dari peredaran, Jhonny van Beukering kembali muncul dan bikin heboh. Mantan pemain Timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi ini menyentil Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Lewat akun Instagramnya, @jhonnyvanbeukering, mantan pesepak bola kelahiran Velp, Belanda itu menganggap bahwa empat pemain keturunan pantas dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Keempat pemain yang disebutkan oleh Jhonny van Beukering meliputi Sandy Walsh, Ezra Walian, Kevin Diks, dan Joey Suk. Khusus nama kedua, pemain Persib Bandung itu telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2017, namun masih ilegal untuk memperkuat Timnas Indonesia di kalender FIFA.

"Buka hati, buka pikiran, mereka sama seperti kamu yang punya hak untuk membela tanah leluhur mereka. Darah yang mengalir tidak bisa dihapus. Mereka juga orang Indonesia," tulis Jhonny van Beukering.

"Khusus untuk Pak Indra Sjafri, mereka, Sandy Walsh, Ezra Walian, Kevin Diks, dan Joey Suk, juga Indonesia," jelas mantan pemain Feyenoord Rotterdam ini.

Baik Sandy Walsh, Kevin Diks, dan Joey Suk sebenarnya mau dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Namun, PSSI sampai saat ini belum menindak lanjuti keinginan ketiganya, kecuali nama kedua.

Dalam pemberitaan di lamannya pada September 2020, PSSI mengklaim Kevin Diks tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia sekalipun dinaturalisasi karena terbentur Statuta FIFA.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Pemain Naturalisasi Gagal

Jhonny van Beukering adalah pemain naturalisasi gagal Timnas Indonesia. Bomber bertubuh gempal ini beralih kewarganegaraan dari Belanda menjadi WNI pada 2011.

Setelah dinaturalisasi, Jhonny van Beukering hanya sekali memperkuat Timnas Indonesia. Penampilan satu-satunya itu terjadi di Piala AFF 2012.

Banyak pihak menilai PSSI blunder dengan membantu naturalisasi Jhonny van Beukering. Ketika pertama kali muncul di lapangan dengan status WNI, perawakannya tidak seperti atlet merujuk badannya yang melar.

3 dari 3 halaman

Unggahan Jhonny van Beukering

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Jhonny Van Beukering (@jhonnyvanbeukering)

Video Populer

Foto Populer